MotoGP Jerman, Belanda dan Finlandia 2020 Resmi Batal Share this
MotoGP
Mode baca

MotoGP Jerman, Belanda dan Finlandia 2020 Resmi Batal

Denny Basudewa
pada 01 Mei 2020

Foto: MotoGP

GENEWA – Dorna Sports sebagai penyelenggara MotoGP akhirnya membatalkan tiga seri balapan imbas merebaknya virus corona (covid-19).

Setelah balapan di Mugello dan Catalunya resmi ditunda, tiga seri selanjutnya yakni Sachsenring, Assen dan trek anyar KymiRing terpaksa dibatalkan. Pembatalan ini tidak lain karena virus corona yang hingga saat ini belum ada penawarnya.

“Sangat disayangkan kami harus mengumumkan pembatalan tiga seri penting di Grand Prix dari kalender MotoGP. Jerman memiliki trek yang unik dengan sejarahnya dan KymiRing adalah peserta baru di Grand Prix. Trek ikonik TT Circuit Assen yang telah menjadi tuan rumah balap motor sejak 1949 harus dibatalkan,” ucap Carmelo Ezpeleta, CEO Carmelo Ezpeleta.

MotoGP Jerman sejatinya akan dihelat pada 21 Juni di sirkuit Sachsenring. Kemudian sirkuit Assen, Belanda bertugas sebagai tuan rumah sepekan setelahnya. Lalu sirkuit baru KymiRing rencananya akan digelar pada 12 Juli 2020.

Ketiga sepakat membatalkan acara karena Pemerintahan setempat tidak memberikan ijin terkait keramaian. Sesuai statusnya yakni pembatalan, maka tahun ini MotoGP akan kehilangan tiga balapan berkelas di sirkuit yang masing-masing punya cerita tersendiri.

Setelah ketiga sirkuit memutuskan untuk batal, maka harapan selanjutnya ada di Brno, Republik Ceko. Balapan di Brno sejatinya akan dihelat pada 9 Agustus 2020. Namun hal ini juga masih belum pasti karena larangan bepergian dari berbagai negara yang menghadang para pembalap hingga kru.

"Atas nama Dorna saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para penggemar dengan pengertian dan kesabarannya di situasi yang sulit seperti saat ini. Kami berharap sirkuit Sachsenring, TT Assen dan KymiRing akan berpartisipasi lagi tahun depan," jelasnya kemudian. [Dew/Idr]


Komentar