MotoGP Jepang, Australia, Inggris 2020 Batal! Share this
MotoGP
Mode baca

MotoGP Jepang, Australia, Inggris 2020 Batal!

Denny Basudewa
pada 02 Juni 2020

Foto: MotoGP 2020

MOTEGI – MotoGP 2020 kembali mencoret tiga tuan rumahnya pada musim ini yakni Silverstone (Inggris), Phillip Island (Australia), Motegi (Jepang).

Pengelola sirkuit Silverstone mengkonfirmasi pembatalan perhelatan akbar MotoGP 2020. Stuart Pringle, Circuit Managing Director Silverstone mengatakan bahwa proses pemindahan logistik di masa pandemi sangat tidak munngkin dilakukan.

“Sangat berat untuk menginformasikan bahwa MotoGP 2020 yang seharusnya diselenggarakan pada 28 – 30 Agustus dibatalkan. Meskipun selama ini kami berusaha untuk mewujudkan balapan, namun pembatasan logistik pada saat pandemi, membatalkan acara,” ucap Pringle.

Tidak lama berselang MotoGP Inggris 2020 dibatalkan, Sirkuit Phillip Island, Australia juga dibatalkan. Penyebabnya tidak lain adalah virus corona yang membuat semua orang cemas dan ketakutan.

“Kami sedih harus mengumumkan karena tidak ada cara lain untuk mengatasi masalah logistik dan operasional di masa pandemi juga perubahan kalender,” tutur Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sports.

Silverstone dan Phillip Island merupakan dua sirkuit penting bagi MotoGP. Keduanya kerap menampilkan persaingan sengit antarpembalap. Suzuki yang dalam empat tahun belakangan selalu menempatkan pembalapnya di podium, merupakan salah satu yang terpukul dengan keputusan ini.

Sirkuit Motegi, Jepang menjadi kabar mengejutkan yang terbaru dari ajang MotoGP 2020. Perhelatan yang sejatinya digelar pada 18 oktober terpaksa dibatalkan. Seperti diwartakan sebelumnya, permasalahan jarak yang membuat logistik menjadi penghalang terselenggaranya MotoGP.

“Ini sangat kabar yang menyedihkan karena kami harus mengumumkan pembatalan MotoGP di Jepang. Motegi adalah sirkuit yang unik, artinya MotoGP Jepang tidak akan menjadi tuan rumah sejak menjadi penyelenggara pada 1986,” tutur Ezpeleta. [Dew/Idr]


Komentar