MotoGP 2020 akan Sambangi Asia dengan Syarat Share this
MotoGP
Mode baca

MotoGP 2020 akan Sambangi Asia dengan Syarat

Denny Basudewa
pada 26 Mei 2020

Foto: MotoGP 2020

MUGELLO – Boss Dorna Carmelo Ezpeleta mengatakan MotoGP 2020 akan digelar di Benua Asia asalkan dengan penonton.

Seperti diwartakan sebelumnya, seri perdana MotoGP 2020 akan dimulai pada 12 Juli mendatang. Proses persiapannya sendiri masih menunggu ijin dari Pemerintahan setempat. Seri perdana dijadwalkan menyambangi sirkuit Jerez, Spanyol. Bahkan sirkuit ini akan menggelar dua balapan sekaligus.

Di masa pandemi covid-19 seperti saat ini, MotoGP 2020 bisa tetap diselenggarakan dengan syarat tanpa penonton. Hal ini dilakukan guna meminimalisir risiko penyebaran virus lebih banyak lagi. Benua Eropa sendiri dipilih karena memudahkan perpindahan pembalap beserta tim.

Namun Ezpeleta sendiri tidak menutup kemungkinan untuk menggelar balapan di benua Asia dan Amerika. Namun untuk menggelar balapan di Asia, MotoGP membutuhkan penonton. Ini guna menutup biaya memindahkan rangkaian pembalap dari seluruh kru.

Benua Asia yang direncanakan adalah Thailand (sirkuit Buriram), Jepang (sirkuit Motegi), dan Malaysia (Sepang). Ketiga sirkuit tersebut baru bisa menjadi tuan rumah asalkan penyelenggara bisa membolehkan penonton hadir.

“Rencana kami adalah menggelar 12 sampai 13 balapan di Eropa mulai Juli hingga November awal. Balapan di luar Eropa seperti Asia dan Amerika Serikat bisa dilakukan mulai November hingga pertengahan Desember. Balapan di Eropa nanti mungkin tanpa penonton, namun untuk ke Asia terbilang sulit (tanpa penonton). Karena biayanya terlalu besar,” jelas Ezpeleta.

Sirkuit Buriram, Thailand mencatat penonton terbanyak dalam satu musim dengan jumlah 226.655 penonton. Sementara sirkuit Sepang, Malaysia membukukan lebih dari 100 ribu penonton. [Dew/Idr]


Komentar