Modal Rp 100 Juta, Honda Brio Jadi Tak Membosankan Share this
Modifikasi
Mode baca

Modal Rp 100 Juta, Honda Brio Jadi Tak Membosankan

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 07 Oktober 2016

Foto: Honda Brio 2014 karya Akta Kusuma

JAKARTA - Bagi sebagian orang, desain eksterior dan interior Honda Brio sangat membosankan. Wajar langkah modifikasi pun dilakukan guna membuatnya jauh lebih menarik bahkan mewah. Hal itu yang dilakukan oleh Akta Kusuma, salah satu kontestan Honda Brio and Jazz Tuning Contest 2016, digelar beberapa waktu lalu.

Pria asal Surabaya yang sedang menempuh S2 di Universitas Narotama jurusan magister notaris itu harus menggelontorkan dana Rp 100 jutaan untuk membuat city car merek Jepang tersebut tampil ciamik dengan tema futuristik.

Untuk menuangkan ide liarnya, pria berusia 24 tahun yang menggilai drag race itu harus menghubungi bengkel modifikasi Auto Concept Surabaya. Pemilihan rumah modifikasi tidak sembarang pilih, karena Ia mengaku mobilnya sekaligus wadah mengekspresikan diri.

Ubahan pada ekterior terjadi pada lampu depan dan belakang yang menggunakan produk Autovision selain penambahan body kit sekaligus melakukan wide body. Tak puas sampai di situ, Ia menyatukan sunroof RB1 serta menerapkan sistem motorized pada dua pintu belakang.

Setelah semuanya terpasang sempurna, selanjutnya airbrush nuansa galaxy dan cutting sticker HKS di body. Alhasil, proses tersebut menimbulkan kesan unik dan menarik.

Interior mendapat sentuhan

Ubahan terlihat pada dashboard dengan menyematkan Ipad, indikator oli, RPM dan temperatur radiator. Pada bagian tengah hingga bagasi disesaki sistem audio dan dihiasi jok kulit lansiran Murano.

Audio tersebut meliputi head unit Nakamichi NA1550, Tanaka 6,5" MS-1650C, speaker tight bass TB-65 dengan layar 6,5", subwoofer Tanaka MW-T12.4, amplifier 4-channel

PCA MOS-4.175, power ampilifier Metallic Chrono MT-157, PS3 dan TV. Dengan adanya perlengkapan audio tersebut, dipastikan menghasilkan suara yang sangat memuaskan.

Ubahan di mesin

Pada bagian mesin yang merupakan bagian paling disukai Akta. Kapasitas mesin dibiarkan standar, Ia cuma memasang turbo HKS, blow off HKS, oil catch tank Greedu, intercooler Apexi, strutbar Ultra Racing, tutup oli dan radiator dari Mugen dan ditutupi kap mesin yang menggunakan sistem Motorized.

Ubahan suspensi untuk mendukung tampilan

Bagian kaki-kaki juga menjadi perhatian guna mendukung penampilan dan kenyamanan aktivitas mengemudi. Tercatat Ia telah menggusur bawaamn pabrik dan menggantinya dengan coilover GAB, sistem pengereman Brembo, PCD 5X114, lingkar roda Original Rays Cerumo Sport 18" dibalut ban Falken Ziex 215/35 untuk depan dan belakang.

Berapa biaya modifikasi city car ini? Akta mengaku telah mengucurkan dana Rp 100 jutaan dan memakan waktu pengerjaan hingga dua bulan. Dan buah dari kesabaran memodifikasi mobilnya, Akta berhasil menyabet King of Brio dalam acara Honda Brio and Jazz Tuning Contest 2016.

"Saya sangat bersyukur dan tidak menyangka mendapatkan berbagai penghargaan pada kontes kali ini. Acara kali ini sangat seru dengan tingkat persaingan antar peserta sangat ketat. Saya berharap tahun depan kontes modifikasi ini dapat diadakan lagi di berbagai kota khususnya Surabaya dan saya akan ikut kembali tentunya dengan konsep berbeda," tutur Akta Kusuma, salah satu anggota dari komunitas Revenge chapter Surabaya itu. [Amo/Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
Modal Rp 100 Juta, Honda Brio Jadi Tak Membosankan


Komentar