VW I.D. Buzz Cargo Siap Panaskan Panggung LA Auto Show 2018

VW I.D. Buzz Cargo
VW I.D. Buzz Cargo

LOS ANGELES – VW I.D. Buzz Cargo akan melakoni debut di Amerika Utara dengan livery yang lebih sporty.

Di LA Auto Show 2018, Volkswagen ingin menunjukkan kemampuan mobil listrik konsep andalannya untuk mendukung dunia motorsport masa depan. VW I.D. Buzz Cargo di pameran kali ini tidak hanya melakukan debut saja, melainkan juga untuk merayakan rekor Pikes Peak International Hill Climb baru yang berhasil diraih oleh VW I.D. R di tahun ini.

Mobil listrik konsep ini merupakan hasil pengembangan VW I.D. Buzz dan memiliki dimensi lebih besar. I.D. Buzz Cargo memiliki dimensi yang sama seperti VW Transporter yakni panjang 5.048 mm, lebar 1.976 mm, tinggi 1.963 mm dan wheelbase 3.300 mm.

Meski memiliki dimensi yang lebih besar, mobil konsep ini tetap memiliki desain khas I.D. Buzz. Perbedaan tampak pada bagian samping di mana jendela hanya ada untuk penumpang depan dan pengemudi. Selain itu mobil listrik masa depan ini juga memiliki ruang kargo yang diklaim sangat luas dan mampu menampung bobot hingga 798 kg.

Guna membuktikannya, Volkswagen telah menyematkan workbench dan berbagai peralatan di dalam intelligent shelving system untuk I.D. R dalam diri I.D. Buzz Cargo.

Tak hanya untuk menampung barang bawaan yang banyak, mobil listrik ini juga menggunakan baterai dengan ukuran lebih besar. Namun, baterai tersebut diklaim dapat diisi ulang hingga 80 persen dalam 30 menit dengan menggunakan 150 kW DC fast charger. Dengan keunggulan tersebut, VW I.D. Buzz Cargo dapat mendukung berbagai kegiatan balap.

Kehadiran mobil konsep ini di LA Auto Show 2018 juga menjadi bentuk komitmen VW untuk mengadirkan kendaraan ramah lingkungan dan canggih. Produsen mobil asal Jerman ini diprediksi akan mulai memproduksi I.D. Buzz Cargo pada 2022 di Eropa.

Mobil ini diklaim mampu menempuh jarak 322-537 km tergantung daya baterai yang dipilih konsumen. VW sendiri telah menyiapkan 2 opsi baterai untuk model ini yaitu lithium-ion 48 kWh dan 111 kWh.

Kedua baterai tersebut juga akan ditunjang dengan motor listrik yang mampu menghasilkan tenga 201 hp pada axle roda belakang dengan transmisi single-speed. Jika konsumen membutuhkan versi AWD, VW akan menyematkan motor listrik pada axle roda depan. [Amo/Ari]