Volkswagen Beetle Tercepat di Dunia Tembus 330 Kpj Share this

Volkswagen Beetle Tercepat di Dunia Tembus 330 Kpj

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 20 September 2016

Foto: VW Beetle tercepat di dunia

UTAH - Volkswagen Beetle LSR (Land Speed Record) berhasil mencapai kecepatan maksimal 330 kpj. Rekor baru ini berhasil dibubukan dalam event World of Speed: Utah Salt Flats Racing Association (USFRA) 2016 dengan lintasan sepanjang 1,6 km di daerah dataran garam Bonneville Amerika Serikat.

Volkswagen Beetle LSR mampu melaju lebih dari 300 kpj dengan adanya berbagai modifikasi pada bagian mesin 2.0-liter TSI turbocharger meliputi piston, camshaft, connecting rod dan kepala silinder.

Sejumlah modifikasi ini tenaga mesin terdongkrak hingga mampu menghasilkan tenaga 550 Ps (542 hp) dan putaran torsi 571 Nm. Padahal mesin standarnya cuma menghasil tenaga 210 hp dan torsi 207 Nm dengan kecepatan maksimal 130 mph (209 kpj).

Guna mendukung kemampuan mesin tersebut, Beetle LSR juga mengubah bagian eksteriornya.

Mobil mengandalkan lingkar roda khusus, suspensi baru lebih rendah guna meningkatkan downforce. Suspensi dan ban baru terbukti memberikan traksi lebih bagus sehingga mobil dapat dipacu dengan maksimal.

Faktor keselamatan pun diperhatikan dengan menambahkan protection cage. Pengemudi lebih merasa nyaman dengan jok balap berbalut bahan kuat. Di bagian dalam tersimpan tabung pemadam kebakaran dan dua parasut sebagai rem tambahan. [Amo/Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
Volkswagen Beetle Tercepat di Dunia Tembus 330 Kpj


Komentar