TVS Apache RR310 Diluncurkan dengan Harga Rp 43 Jutaan

TVS Apache RR 310
TVS Apache RR 310

NEW DELHI – TVS Motor Company secara resmi meluncurkan Apache RR 310 yang menggunakan basis mesin BMW G310R.

Produsen motor terbesar ketiga di India ini akhirnya membuka selubung dari produk terbarunya yang telah lama ditunggu-tunggu. Meskipun menggunakan basis mesin yang sama dengan BMW G310R, namun TVS Apache RR 310 terlihat lebih garang, karena mengadopsi fairing dengan beberapa lekukan tajam.

TVS Apache RR 310 memang ‘mencomot’ mesin yang sama dengan BMW G310R. Namun jantung pacu kendaraan tersebut diproduksi di pabrik TVS di Hosur, India. Sumber tenaga kuda besi ini memiliki kapasitas sebesar 313cc satu-silinder berpendingin cairan. Kemudian daya yang dihasilkan mesin disalurkan melalui sistem transmisi enam-percepatan.

TVS Apache RR 310 dikatakan memiliki tenaga maksimum sebesar 34 hp pada 9.700 rpm. Sementara torsi puncak yang mampu dihasilkan sebesar 27,3 Nm pada 7.700 rpm.

Pemandangan menarik yang tampak pada produk terbaru dari TVS adalah penggunaan suspensi depan USD dari Kayaba. Perangkat peredam kejut ini hadir dengan warna kuning emas sehingga terlihat lebih eksklusif.

Motor ini diklaim telah melalui beberapa macam tes sehingga layaknya untuk digunakan baik di jalan raya maupun di trek. TVS Apache disebutkan telah melalui 300 jam pengujian di fasilitas wind tunnel testing.

Sepedamotor ini menggunakan sistem komputerisasi canggih. TVS Apache RR 310 disebutkan menggunakan sistem ride by wire. Namun sayangnya kendaraan tersebut tidak dilengkapi dengan slipper clutch.

Sebagai motor komuter, pihak TVS mengatakan bahwa ban belakang tidak mudah terangkat ketika melakukan pengereman ekstrim, karena telah dijejali anti back lift.Untuk ban sendiri, mereka melengkapinya dengan ban Michelin Pilot Street berukuran 110/70/R17 (depan) dan 150/60 R17. [Dew/Ikh]