Truk Listrik Tesla Tanda Kekuatan Produsen Kendaraan AS Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Truk Listrik Tesla Tanda Kekuatan Produsen Kendaraan AS

Adi Hidayat
pada 18 November 2017

Foto: Tesla-Semi-Truk-OS

CALIFORNIA – Setelah berhasil meciptakan mobil listrik berkualitas tinggi, kini Tesla kembali membuat gebrakan dengan mengenalkan truk listrik.

Elon Musk, CEO Tesla menyebut bahwa truk ini adalah kendaraan masa depan. Hal ini wajar karena truk ini mampu menempuh jarak sejauh 500 mil atau setara 804 km dan membawa beban seberat 36 ton dengan satu kali charge.

Ketika dalam kondisi bawaan penuh, truk listrik Tesla ini mampu mencapai kecepatan 96 kpj dalam hitungan waktu 20 detik, jauh lebih cepat dibanding truk diesel pada umumnya.

Rahasia kecepatan pada truk ini adalah memiliki empat motor independen yang menggerakkan empat roda belakang.

Tak hanya itu, Musk juga mengklaim bahwa truk ini memiliki risiko yang sangat kecil untuk mengalami slip karena sudah menggunakan independent rear wheels yang dapat menyesuaikan torsi ke masing-masing roda sehingga potensi slip akan berkurang.

Untuk meningkatkan tingkat keselamatan, Tesla menyematkan Enhanced Autopilot sebagai fitur standard yang sudah dilengkapi dengan automatic lane keep assist dan autonomous braking.

Sebagai truk pertama, Tesla pun memberi berbagai jaminan. Di antaranya adalah garansi bahwa truk tidak akan mengalami kerusakan hingga 1,6 juta km. Selain itu, pemilik juga akan akan diuntungkan dengan akan dilengkapinya Megacharger terbaru yang mengisi daya untuk 643 mil hanya dalam watku 30 menit. [Adi/Ikh]


Komentar