Toyota Upgrade Line-up Mainstream Menjadi Lebih Ekstrim Share this
Mobil Baru
Mode baca

Toyota Upgrade Line-up Mainstream Menjadi Lebih Ekstrim

Adi Hidayat
pada 21 September 2017

Foto: Toyota GRMN

TOKYO – Mobil dengan perfoma tinggi kini menjadi salah satu fokus Toyota.

Menariknya, mereka tidak menciptakan mobil baru namun memaksimalkan model-model mainstream mereka dengan perfoma yang lebih baik.

Mobil dengan perfoma tinggi akan diberikan nama belakang ‘GRMN’. GRMN akan menjadi level tertinggi dari upgrade tersebut dan hadir dengan beragam peningkatan mulai dari eksterior hingga mesin. Ubahan ini tentu akan sangat berbeda dengan versi standard.

Sementara itu di bawah GRMN akan hadir seri GR yang hadir dengan peningkatan rem, suspensi, rolling stock, knalpot dan limited slip differentials, desain eksterior dan interior pun dibuat sedikit berbeda dari versi standard. Sementara untuk GR Sport hanya akan memberikan upgrade pada tampilan serta setting suspensi.

Hingga saat ini, baru Toyota Yaris yang dipastikan akan hadir di level GRMN, GR dan GR Sport untuk di Jepang. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, GRMN akan menjadi varian terlengkap kemudian dikurangi beberapa komponen khususnya mesin di level bawah sehingga harga juga semakin terjangkau.

Tak hanya itu, Prius, Harrier (Lexus RX), Mark X, Voxy serta Noah (Nav1) juga akan diluncurkan di level GR Sport. Prius C dan Prius V (juga dikenal sebagai Aqua dan Prius Alpha) akan mendapat perubahan serupa di masa depan.

Namun yang paling menarik adalah Toyota 86 GR. Mobil ini hadir dengan penambahan aero kit, Sachs shocks, hingga perubahan pada bagian knalpot. Sementara untuk interiornya, Toyota menyematkan kemudi yang lebih kecil serta penggunaan jok Recaro. Meski demikian, mesin yang digunakan masih sama seperti pada model standard.

Meski kebanyakan mobil-mobil tersebut sudah diluncurkan di Indonesia, namun hingga kini belum ada pernyataan dari Toyota Indonesia untuk menghadirkan versi GRMN. Saat ini, kebanyakan mobil-mobil Toyota di Indonesia merupakan hasil pengembangan dari tim desain dalam negeri.

Dengan penggunaan desain asli Indonesia maka diharapkan mobil-mobil Toyota di Indonesia memang sudah cocok untuk seluruh kondisi jalan serta pasar dalam negeri. Dengan demikian penjualan Toyota dalam negeri tetap akan tinggi. [Adi/Ikh]


Komentar