Toyota Corolla Hybrid 2020 Adopsi Teknologi Prius

Toyota Corolla Hybrid 2020

LOS ANGELES – Toyota Corolla Hybrid 2020 bakal menjawab kebutuhan konsumen yang tak sekedar butuh sedan berdesain mewah, melainkan juga efisiensi konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Toyota menampilkan sebuah evolusi lagi pada diri Corolla. Mobil yang sudah eksis seabad silam ini mengalami pengembangan, baik dari sisi desain hingga pembangkit tenaga hybrid.

Dari segi tampilan, Toyota Corolla Hybrid terlihat lebih mewah dengan bentuk kap mesin landai. Salah satu sisi menarik di area tersebut adalah velg aluminium 15 inchi dibalut ban jenis low-rolling resistance.

Namun, konsumen tentu menantikan modal utama dari Corolla Hybrid ini. Pihak pabrikan menyebut mobil tersebut sudah menggunakan teknologi Toyota Hybrid Synergy Drive yang diadopsi dari generasi terbaru Toyota Prius. Meski terkenal dengan efisiensinya, tak ada salahnya mengulas perbekalan dari Corolla Hybrid.

Corolla Hybrid mengkombinasikan mesin bensin 4 silinder berkapasitas 1.800 cc dengan dua unit motor generator. Toyota menyatakan tenaga yang dikeluarkan melalui kedua sistem tersebut adalah 121 hp. Sementara konsumsi BBM yang dicatatkannya adalah 21 km per liter.

Mereka pun tak menemui kesulitan dalam menempatkan paket baterai pada mobil ini.
Itu lantaran baterai bernama Hyper Prime Nickel itu didesain ringan dan kecil. Dengan platform Toyota New Global Architecture (TNGA), Corolla Hybrid bisa menempatkan paket baterai di bawah jok belakang. Tanpa harus mengorbankan ruang pada bagasi belakang. Selain itu, alokasi baterai di situ juga turut memengaruhi center of gravity lebih rendah dan berdampak pada kelincahannya di jalanan.

Saat menjalankan mobil, baterai tersebut berperan dalam memberikan dorongan daya yang halus untuk mengurangi beban pada mesin. Dengan kata lain, Toyota coba menghilangkan kelemahan yang ada di mobil hybrid.

Toyota juga memberikan sensasi berkendara lebih beragam. Mulai dari pilihan tiga mode berkendara (Normal, Eco dan Sport) hingga opsi EV yang ideal digunakan di tempat parkir atau garasi.

Di bagian dalam, Toyota Corolla Hybrid dilengkapi sistem multimedia yang sudah terintegrasi dengan beragam fitur. Mulai dari touchscreen display, enam buah speaker, Apple CarPlay, Amazon Alexa, Entune 3.0 App Suite Connect, Safety Connect, Wi-Fi Connect, Scout GPS Link Compatible, Siri Eyes Free, auxiliary audio jack and USB 2.0 port with iPod connectivity and control, AM/FM, MP3/WMA playback capability, voice recognition training and tutorials, hands-free phone capability, voice recognition, music streaming via Bluetooth, customizable home screen hingga mendapatkan laporan cuaca atau lalu lintas via Entune 3.0 App Suite.

Dari keamanan, Corolla Hybrid sudah mengaplikasi 8 buah airbag serta Toyota Star Safety System mencakup Enhanced Vehicle Stability Control, Traction Control, Electronic Brake-force Distribution, Brake Assist, Anti-lock Braking System dan Smart Stop Technology. Selain itu, Toyota Corolla Hybrid juga sudah disemati sistem Toyota Safety Sense 2.0 dan penjualannya di Amerika Serikat akan berlangsung pada musim semi 2019. [Ary/Ari]