Toyota Corolla 2020 Punya Tiga Varian Termasuk Hybrid

Toyota Corolla 2020
Toyota Corolla 2020

GUANGZHOU – Toyota Corolla 2020 diperkenalkan pertama kalinya di China bertepatan dengan perhelatan Guangzhou International Automobile Exhibition.

Bertepatan dengan pembukaan acaranya hari ini (16/11), Toyota memberikan kejutan dengan memajang all-new Toyota Corolla. Generasi ke-12 Corolla ini hadir tentu dengan sederet perubahan dan opsi varian untuk menggoda penggemar sedan di dunia.

Apalagi, Toyota Corolla akan diniagakan ke lebih dari 150 negara di seluruh dunia. Namun, calon konsumen yang berminat harus bersabar karena unitnya baru bisa menikmatinya tahun depan. Sebelum memutuskan untuk membeli, ada baiknya kita simak hasil kerja dari Toyota New Global Architecture (TNGA) ini.

Di eksterior, platform baru yang diterapkan TNGA ini membuat tampang Toyota Corolla lebih sporty. Selain mengubah lower of center gravity yang berdampak pada turunnya ground clearance, tubuhnya juga lebih lebar dari model sebelumnya.

Sementara pada interior, Toyota menyajikan nuansa berkelas. Bagian ini tampak simple dengan paduan warna hitam pada dashboard, jok hingga door trim. Tapi, Corolla terbaru ini sudah punya perangkat hiburan dengan konektivitas terkini.

Untuk pasar China, pihak pabrikan sudah melengkapinya dengan onboard Data Communication Module (DCM) sebagai bagian dari Toyota Connected. Sedangkan di Amerika Serikat, layar sentuh 8 inchi tersebut punya Entune 3.0, Amazon Alexa hingga Apple Carplay.

Hal menarik lain dari Toyota Corolla 2020 adalah pilihan modelnya. Selain varian standar berpenampilan hatchback bermesin 2.000 cc, mobil ini juga menawarkan versi sport yang dinamai Corolla Levin namun dengan pilihan hybrid. Satu lagi juga menggunakan mesin hybrid, tapi disajikan dalam bentuk sedan. Namun, belum ada keterangan detail mengenai perangkat hybrid yang diaplikasi pihak pabrikan.

Akan tetapi, teknologi Toyota Safety Sense (TSS) yang selalu dipertahankan sejak 50 tahun silam tetap hadir pada produk ini. Hanya saja kini perangkat tersebut mendapatkan pengembangan lanjutan.

Selebihnya masih banyak lagi fitur penunjang berkendara yang turut dipasang sebagai perlengkapan standar Toyota Corolla 2020. Mulai dari Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Assist, Lane Tracng Assist, Pre-Collision System with Pedestrian Detection for Day and LowLight and Bicyclist in Daytime, Road Sign Assist hingga Automatic High Beams.

“Model terbaru ini memiliki desain yang memikat mata, enak ditumpangi maupun dikendarai. Dengan meningkatkan faktor-faktor yang unik di dalam mobil sekaligus fungsi konektivitas yang memberikannya nilai tambah baru, saya ingin membuatnya menjadi mobil yang menambah kenyamanan mobilitas konsumen di seluruh dunia,” kata Yoshiki Konishi, Chief Engineer All-New Corolla.

Dua model Toyota Corolla 2020 akan mulai dijual di Amerika Serikat dan Eropa mulai musim semi 2019. Sementara di China, New Corolla dan Corolla Levin akan dipasarkan setelah pertengahan tahun depan. Namun, untuk varian Toyota Corolla Hybrid hanya akan tersedia di 90 negara saja.

Toyota Indonesia sendiri sampai berita ini diturunkan masih belum bisa memastikan apakah Corolla terbaru ini akan diluncurkan di Tanah Air. Menurut Rouly Sijabat,  Public Relations Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM), ada model yang bisa meluncur dan dipasarkan di sebuah negara, tapi di negara lain tidak. Ada juga model yang di sebuah negara masuk segmen premium, sedangkan di negara lain segmennya menengah.

“Model bisa sama tapi peruntukannya berbeda-beda. Hal itu dipengaruhi hal-hal seperti regulasi pemerintah soal emisi, kapasitas mesin, dan lain-lain. Semua itu larinya ke pajak, kemudian lari ke harga, lalu berlanjut ke segmen,” tutup Rouli. [Ary/Ari]