Toyoda Gosei, Mobil Listrik dengan Airbag di Body Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Toyoda Gosei, Mobil Listrik dengan Airbag di Body

Adi Hidayat
pada 27 October 2017

Foto: Toyoda-Flesby

TOKYO – Selama ini airbag hanya difungsikan sebagai fitur keselamatan tersimpan di kabin penumpang.

Di tangan perusahaan Toyoda Gosei Co., Ltd., airbag didesain untuk melindungi pejalan kaki.

Mereka adalah manufaktur komponen otomotif yang memproduksi bahan karet dan plastik serta LED. Inovasi mereka membuat mobil konsep yang memiliki airbag berupa karet empuk di bagian luar kendaraan sehingga mampu melindungi mobil dan pejalan kaki dari benturan saat kecelakaan. Mobil konsep tersebut diberi nama Flesby II ultra-compact vehicle.

Toyoda Gosei pun mengaku bahwa ide ini sebenarnya sudah ada sejak 2013, namun baru bisa diwujudkan tahun ini. Untuk melihat mobil ini ada di jalanan umum mungkin masih membutuhkan waktu lebih lama.

“Kami meletakkan airbag, yang biasanya dipasangkan di interior mobil, tapi ini di eksterior seperti pada kap mobil dan fender untuk melindingi bodi mobil secara keseluruhan. Ketika terjadi kontak dengan pejalan kaki, bodi yang lembut akan menyerap benturan tersebut. Sehingga tidak melukai pejalan kaki,” ungkap  Takashi Ishikawa, managing officer of Toyoda Gosei Co.

Ia pun menambahkan bahwa mobil ini mampu bergerak dengan menggunakan tenaga listrik dan mengubah tampilan eksteriornya. Lampu LED yang diproyeksikan ke karet juga memungkinkan pengemudi untuk berkomunikasi dengan pejalan kaki dan kendaraan lain.

Tak hanya eksterior, interior mobil pun dibuat sedemikian rupa agar terasa empuk dan nyaris tidak ada bagian keras yang dapat melukai penumpang. Dengan demikian, tingkat keselamatan untuk penumpang juga cukup terjamin. [Adi/Ikh]


Komentar