Volvo Mulai Uji Coba Program Drive Me di Swedia Share this

Volvo Mulai Uji Coba Program Drive Me di Swedia

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 13 September 2016

GOTHENBURG - Volvo Cars mulai uji coba mobil bergerak otomatis (otonom) pertama yang dinilai sangat ambisius dan diyakini dapat memberikan pengalaman mengemudi baru melalui program Drive Me.

Program Drive Me ini merupakan program uji coba pertama dengan menggunakan mobil otonom Volvo. Program yang sama akan dihadirkan di London pada tahun depan dan jika ada kemungkinan akan dilakukan di China.

Dalam uji coba ini, Volvo Cars mengenalkan teknologi AD pada XC90 yang diyakini dapat meningkatkan keselamatan penghuni kabin. Teknologi AD dipercaya dapat digunakan dalam kondisi lalu lintas padat dan memberikan kenyamanan lebih kepada pengendara.

Selama ini merek premium asal Eropa ini telah menawarkan teknologi semi-otonom yang dinamakan Pilot Assist di mobil Seri 90. Pilot Assist memberikan kemudahan bagi pengendara agar berada dalam jalur hingga kecepatan 130 kpj. Projek tersebut telah menjalani uji coba di beberapa negara dan hasil cukup sukses.

Sementara pada mobil otonom dalam program Drive Me ini akan memiliki kapabilitas untuk dapat bergerak sendiri dan pengendara tidak perlu lagi memegang kemudi maupun pedal gas. Program ini dilakukan di sebuah fasilitas di sekitar Gothenburg yang dilengkapi dengan teknologi Volvo Autonomous Driving Brain.

Melalui program ini, Volvo bertujuan untuk mendapatkan tanggapan dan masukan dari para konsumen sehingga dalam proses pengembangan mobil otonom mereka menjadi lebih maksimal.

"Ini merupakan langkah yang sangat penting dalam program Drive Me. Kami dapat melihat kemampuan mobil ini dari sudut pandang konsumen sehingga kami dapat mempelajari bagaimana perilaku konsumen dalam menggunakan mobilnya setiap hari dan tentunya tanggapan mereka kepada kita," tutur Erik Coelingh, Senior Technical Leader Active Safety at Volvo Cars.

Volvo Car juga telah bekerjasama dengan Autoliv dalam membuat software generasi terbaru mobil otonom. Melalui berbagai usaha ini, Volvo berharap dapat menghasilkan produk mobil otonom terbaik sehingga pada 2020 tidak ada lagi kecelakaan dengan menggunakan mobil Volvo. [Amo/Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
Volvo Mulai Uji Coba Program Drive Me di Swedia


Komentar