Toyota Kirim 1.500 Prius Hybrid dengan Black Box untuk Grab

toyota
Toyota gandeng Grab

SINGAPURA – Toyota akan mengirimkan 1.500 Prius Hybrid yang dilengkapi dengan teknologi semacam black box untuk operasional Grab di Singapura.

Seperti diketahui bahwa Toyota Prius, merupakan kendaraan yang menggunakan perpaduan mesin bensin dan listrik. Namun mobil ini semakin canggih karena dilengkapi dengan kotak hitam yang mirip dengan perangkat di pesawat.

Perangkat tersebut merupakan inisiatif Toyota untuk memantau kondisi kendaraan. Perekam tersebut akan berfungsi sebagai sarana yang digunakan oleh Toyota, memahami perilaku mengemudi mobil-mobilnya. Data tersebut sulit didapat oleh Toyota secara cepat dari mobil pribadi. Informasi yang diperoleh oleh kotak hitam akan digunakan untuk meningkatkan produksi mobil tersebut.

Toyota
Toyota gandeng Grab

Inovasi ini dikatakan akan menguntungkan operator Grab, karena pusat layanan Toyota dapat memonitor kendaraan dengan ketat dan menghindari kerusakan, dengan melakukan layanan pencegahan yang lebih akurat.

“Toyota membantu operasional perusahaan transportasi berbasis online agar lebih efisien, aman, dan lebih berkualitas. Mulai dari Singapura, kami ingin terus memperluas inisiatif ini secara global ke depannya termasuk negara-negara di Asia Tenggara lainnya,” ucap Shigeki Tomoyama, Toyota Executive Vice President and President of Toyota’s in-house Connected Company.

Selain itu, mobil Grab sekarang dapat menikmati “layanan ekspres” seperti jalur ekspres untuk pemeriksaan dan prosedur perawatan yang lebih cepat. Ini akan mengurangi waktu untuk perawatan sehingga lebih banyak waktu untuk melayani penumpang.

Adapun investasi yang ditanamkan oleh Toyota sendiri bernilai sekitar Rp 14.5 triliun kepada Grab. [Dew/Idr]