Sony Rilis Sensor Kamera Mobil Akurasi Tinggi

TOKYO – Sony merilis sensor kamera dengan kemampuan menangkap obyek lebih luas dan kualitas gambar kian sempurna.

Produsen mobil terus berlomba menghadirkan produk yang dapat menunjang kenyamanan sekaligus keselamatan konsumen. Tak sedikit pula yang turut menyematkan sistem adaptif pada mobil buatannya sebagai piranti bantuan saat berkendara.

Sebut saja fitur avoid collision yang dimanfaatkan untuk menghindari tabrakan dengan pengguna jalan lain seperti pedestrian atau pesepeda. Sistem tersebut bekerja dengan cara mendeteksi obyek di depan mobil melalui sensor kamera.

Bisa dibayangkan bagaimana jika sensor kamera tak maksimal mendeteksi obyek di depan kendaraan. Sistem keselamatan tersebut mungkin tetap bekerja, namun bisa saja respon maupun akurasinya kurang maksimal.

Untuk mengatasi hal tersebut, Sony pun akhirnya meluncurkan sensor kamera terbarunya yaitu IMX490 CMOS yang merupakan pengembangan dari produk lama Sony. Dengan spesifikasi 5.4 megapixel, sudah jelas bahwa gambar yang ditangkap bakal lebih luas yaitu 2.880 pixel dari sensor kamera sebelumnya (1.860 pixel).

Sony IMX490 CMOS sensor camera 2019
Sony IMX490 CMOS hanya berukuran 1,5 cm.

Jika dulu masih sekedar mengandalkanfungsi HDR, maka produk ini sekarang mengkombinasikan kinerja HDR dan LED. Kualitas gambar yang dihasilkan berkisar diantara 120dB*4 dengan low noise dan 3 kali lebih baik ketimbang pendahulu IMX490 CMOS.

Tangkapan dari sensor kamera mungil itu juga tetap akurat, meski dihadapkan pada pencahayaan dramatis seperti memasuki dan keluar terowongan. Artinya, warna obyek yang terlihat sensor kamera tidak akan pudar akibat adanya transisi cahaya atau silau layaknya pandangan mata.

Sony mengklaim oversaturation seperti saat mobil berada di bawah sinar matahari 100.0000 lux bisa diatasi dengan baik. Tak hanya siang, maksimalisasi pendekteksi kamera tersebut juga bisa dibuktikan saat penggunaan malam hari.

Kabar terbarunya adalah, sensor kamera Sony ini sudah memenuhi standar komponen elektronik mobil untuk diproduksi massal. Sony juga menginformasikan bahwa pengiriman sample ke produsen mobil bakal berjalan, Maret 2019 mendatang. Sementara harga jual per unitnya adalah 15.000 Yen atau setara Rp 1,9 jutaan (di luar pajak). [Ary/Ari]