Porsche Club Indonesia Paling Unik dan Kompak Sedunia Share this
Berita Mobil
Mode baca

Porsche Club Indonesia Paling Unik dan Kompak Sedunia

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 03 September 2018

JAKARTA - Porsche Club Indonesia (PCI) paling unik dan kompak di antara komunitas serupa di bawah asuhan Porsche AG.

Usai diresmikan pada 2011 silam, PCI menempati urutan ke-224 dalam daftar Porsche Club di dunia. Bisa dibilang eksistensi mereka masih seumur jagung. Namun, pada kenyataannya keberadaan mereka acap kali bikin kagum member dari negara lain.

Sebagai contoh adalah saat perhelatan Sportscar Together Day (SCTD) yang berlangsung di Bangkok, Thailand pada Juli 2018. Ajang kumpul pemilik mobil Porsche terbesar se-Asia Tenggara kali itu juga dihadiri oleh member PCI.

"Partisipasi member dari Indonesia sangat bagus. Salah satunya adalah pada acara di Thailand. Selain itu, setiap kali PCI mengadakan acara juga banyak member yang ikut," buka Ali Setiawan, Presiden PCI di markas PT Eurokars Artha Utama (agen pemegang merk Porsche di Indonesia), Sabtu (1/9).

PCI ketika mengadakan acara drive in Bali.

Padahal, member PCI bisa dibilang tidak terlalu banyak. Member PCI saat ini baru 180-an, termasuk Jakarta dan Surabaya. Tapi, dukungan dari para member selalu baik karena kebersamaan yang kuat. Ia juga mengatakan PCI juga unik karena segmentasi klub ini juga untuk keluarga.

"Dalam setahun kami punya setidaknya 24 agenda. Bukan hanya untuk para member melalui kegiatan motorsport. Tapi, ada juga agenda misalnya dinner di mana para member mengajak pasangannya. Kemudian, ada pula kegiatan buat anak-anak. Padahal, member fee kami bisa paling murah yaitu Rp 13 juta per tahun," lanjut Ali.

Bahkan, pekan depan PCI akan mengadakan perjalanan menyusui tiga negara bersama mobil Porsche. Menariknya, 22 member PCI juga turut serta memboyong pasangannya masing-masing.

"Kami akan memulai perjalanan dari Munich, Jerman dan mengelilingi Jerman pada 10 September 2018. Lalu akan driving ke Austria - Italia - lalu kembali lagi ke Jerman dan membawa juga pasangan kami. Jadi, 44 orang yang berangkat nanti," tutur Ali.

Hal tersebut jelas sangat memperlihatkan kekompakan PCI. Bukti lainnya juga terekam di mana PCI turut menggarap video Porsche 70th anniversarry. Tidak sampai di situ, PCI pun bakal mengadakan sebuah eksebisi menyambut perayaan 70 tahun Porsche di sebuah pusat perbelanjaan, September ini. [Ary/Ari]


Komentar