Pabrik Sokon di Serang Produksi Pesaing SUV Jepang Share this
Berita Mobil
Mode baca

Pabrik Sokon di Serang Produksi Pesaing SUV Jepang

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 28 November 2017

Foto: Pabrik Sokon di Serang, Banten (Foto: Amos)

BANTEN - PT Sokonindo Automobile meresmikan pabrik pertamanya di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang.

PT Sokonindo Automobile atau yang akrab dikenal sebagai brand DFSK ini tampak semakin serius menekuni pasar otomotif Tanah Air.

Hal tersebut terbukti dengan diresmikannya pabrik di Cikande yang akan memproduksi mobil-mobil asal China. Pabrik pertama ini mengusung konsep "Pabrik Unggul" di mana pabrik ini telah dilengkapi dengan lengan-lengan robot.

Teknologi tersebut digunakan pada seluruh proses produksi mobil Sokon mulai dari pencetakan plat baja, pengelasan, pengecatan, perakitan dan quality control.

Meski telah dilengkapi dengan teknologi canggih, 90 persen karyawan pabrik PT Sokonindo Automobile ini merupakan anak-anak bangsa.

Produsen mobil asal China ini secara terus menerus mengadakan beragam pelatihan dan pembinaan guna meningkatkan kualitas SDM di Indonesia.

Berdiri di lahan seluas 20 hektar, pabrik ini diyakini dapat memaksimalkan proses produksi.

Proses pembuatan pabrik ini telah dimulai pada 2015 dengan total investasi mencapai USD 150 juta. Meski proses produksi telah berlangsung di pabrik ini, PT Sokonindo Automobile akan terus berinvestasi dengan berencana untuk membuat engine plant.

Produsen mobil asal China ini menargetkan total investasi di Indonesia hingga USD 300 juta. Pabrik PT Sokonindo Automobile ini dapat memproduksi sebanyak 30.000 unit setiap tahun.

"Sebagai merek baru di Indonesia, fokus utama kami adalah pada produk yang kami buat. Dengan memiliki pabrik berteknologi tinggi, kami dapat memastikan kualitas produk-produk yang kami miliki. Ini merupakan 'Smart Factory' berstandar internasional dengan tingkat kepresisisan tinggi sekaligus memiliki daya saing sangat tinggi," tutur Alexander Barus, CO-CEO PT Sokonindo Automobile.

Salah satu produk utama yang diproduksi di pabrik ini yaitu Sokon Glory 580. SUV 7-seater ini telah dikenalkan di GIIAS 2017. Menurut rencana, mobil ini mulai dipasarkan pada Februari 2018. [Amo/Ikh]


Komentar