All-new Mazda CX-5: Keunggulan dan Fakta

All-new Mazda CX-5
All-new Mazda CX-5 diuji jurnalis otomotif ke Pulau Bali beberapa waktu lalu

MALANG – All-new Mazda CX-5 memiliki keunggulan dan fakta menarik yang patut Anda ketahui.

Kiyoshi Hayashi, Deputy Program Manager Vehicle, Development Promotion Department Mazda Corporation Motor Corporation mengatakan, all-new Mazda CX-5 semakin “dewasa” pada eksterior dan interior.

Eksterior SUV ini kian elegan dan agresif dikembangkan dengan konsep ‘Refined Toughness’ (Ketangguhan yang Ditajamkan) di mana desain secara keseluruhan tetap di bawah naungan filosofi desain KODO-Soul of Motion.

Selanjutnya Hayashi menjelaskan bahwa desain interior generasi baru ini berpusat kepada manusia – tingkat ergonomika kokpit tak tertandingi, dengan desain elegan, lega, tahan lama, dan sangat memperhatikan detail dan kualitas.

“Baik kursi depan maupun belakang telah direvisi secara besar-besaran untuk menawarkan dukungan tubuh yang lebih baik kepada para penumpang, tidak membuat mereka letih selama perjalanan dan lebih nyaman.”

Driving Dynamics menjadi keunggulan berikutnya. Di sini Mazda memperbaiki tubuh, chassis dan mengadopsi SKYACTIV-VEHICLE DYNAMICS.

Tingkat kekakuan torsiona tubuh (SKYACTIV-BODY) all-new Mazda CX-5 2017 naik 15% dibandingkan generasi I, di mana mengurangi jeda reaksi terhadap input setir.

Kenyamanan dan stabilitas handling (pengendalian) mobil baru lebih baik berkat penajaman di sektor chassis (SKYACTIV-CHASSIS) yang terdiri dari suspensi, setir dan sistem pengereman.

Sementara G-Vectoring Control (GVC) merupakan bagian dari SKYACTIV-VEHICLE DYNAMICS, di mana mengurangi kelelahan dan membuat berkendara lebih tenang (smoother). Teknologi ini bekerja saat mobil membelok (di periode awal dan selama) dengan mengatur limpahan tenaga dan memindahkan bobot kendaraan.

Semua pengubahan di atas diikuti dengan perbaikan software mesin – Mazda tidak menggunakan mesin yang benar-benar baru – 2.500cc 4-silinder. Menurut Hayashi performa mesin CX-5 sudah memuaskan sehingga Mazda tidak perlu menanam mesin baru.

Di Indonesia, Mazda CX-5 hanya akan tersedia dalam pilihan mesin bensin 2.5-liter. Sementara di berbagai negara terdapat pilihan mesin diesel 2.2-liter dan bensin 2.0-liter. All-new Mazda CX-5 akan diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Harga Mazda CX-5 belum dirilis secara resmi menunggu pameran tersebut.

6 fakta Mazda CX-5

Sementara itu, Anda harus tahu enam fakta SUV asal Jepang ini sebelum membeli generasi kedua Mazda CX-5. Mazda CX-5 salah satu passanger car sukses Mazda di dunia. Berikut enam fakta menarik dan penting dari SUV ini.

  1. Muncul pertama kali pada Februari 2012, total penjualan Mazda CX-5 melewati 1,5 juta unit. Model ini dijual di 120 negara.
  2. Tahukah Anda sejak mobil ini dijual langsung menjadi model inti Mazda dengan mewarnai 25% dari total penjualan Mazda di dunia. Inilah mobil terlaris Mazda di kawasan Eropa.
  3. Di awal era penjualannya, Mazda hanya mencanangkan 160.000 unit namun volumenya terus naik setiap tahun. Kini, Mazda membidik penjualan 400.000 unit per tahun dengan hadirnya generasi kedua.
  4. Mazda CX-5 merupakan mobil pertama Mazda yang mengantongi filosofi desain KODO – Soul of Motion dan SKYACTIV TECHNOLOGY (tubuh, chassis dan mesin). KODO dikenalkan pertama kali pada 2010 yang bisa dilihat di mobil konsep Mazda SHINARI. KODO terinspirasi dari kekuatan, keindahan dan ketegangan yang ditemukan dalam gerakan sesaat pada hewan-hewan (redaksi: seperti ceetah yang sedang menerkam mangsanya).
  5. Layar 7″ di bagian tengah dashboard generasi kedua Mazda CX-5 merupakan model pertama Mazda yang menampilkan ikatan optikal untuk masuk ke dalam LCD (Liquid Crystal Display) dan panel sentuh, yang menekan pantulan dan menghadirkan gambar lebih jernih.
  6. Fitur power-operated tailgate (buka-tutup pintuk bagas via 2 tombol berbeda yang berada di pintu bagasi) di CX-5 generasi kedua tidak ditemukan model-model Mazda lainnya. [Idr/Ikh]

Comments