Mobil Listrik Kaliurang, Millennial Banget! Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Mobil Listrik Kaliurang, Millennial Banget!

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 23 April 2018

JAKARTA - Mobil Listrik Kaliurang Unisi menawarkan sensasi berkendara berbeda. Bahkan, teknologi yang dimilikinya sangat mendukung bagi kaum millennial.

Anak bangsa yang tergabung dalam tim Ulil Albab Student Center (UASC) Electric Vehicle turut serta meramaikan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Tim di bawah naungan Universitas Islam Indonesia ini datang dengan mobil listrik Kaliurang Unisi generasi ketiga. Tidak hanya memamerkannya, rekan mahasiswa juga memperbolehkan pengunjung untuk melakukan test drive.

Bukan hanya desainnya, fitur dan teknologi yang diterapkan pada mobil ini pun sangat menarik. Apalagi, Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi 3 diracang dengan sistem android. Hal ini menjadikannya sebagai mobil mini formula dengan pengoperasian melalui android pertama di Indonesia.

Mobil ini juga memanfaatkan sistem telemetri seperti pada jet darat Formula 1. Dengan begitu, pengendaranya bisa mengetahui kondisi mobil. Mulai dari kondisi baterai, suhu motor dan lainnya secara otomatis.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi 3, yakni sistem IoT (Internet of Things); teknologi yang dapat membantu sistem kerja Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi 3 untuk meng-update status kondisi mobil. Sebagai contoh misalnya saat dalam bahaya, sehingga anggota tim secara khusus, juga orang lain secara umum, dapat memantau dan mengetahui kondisi mobil hanya dengan mengamati linimasa Facebook maupun Twitter.

Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi 3 juga dilengkapi sistem Live Streaming (yang biasanya dilakukan di Facebook atau Instagram). Jadi, sangat memungkinkan orang lain menyaksikannya secara real saat balapan.

Hal paling menarik adalah Kaliurang generasi terbaru memberikan sensasi mengemudi di luar kebiasaan. Adanya sistem live streaming juga memberikan pengalaman baru kepada khalayak karena dapat melihat ruang kemudi secara langsung.

Terkait keperluan komersial, Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi 3 siap dirakit dan didistribusikan. Beberapa partisi untuk mobil ini sudah bisa dibuat sendiri di antaranya adalah controller, baterai, dan BMS (Baterai Management System).

Saat ini, Tim UASC juga sedang focus mempersiapkan rancangan mobil listrik terbaru yang akan diikutsertakan dalam ajang Internasional FSAE Japan pada September 2018. [Ary/Ari]


Komentar