Audi Aicon Concept, Mobil Tanpa Setir dan Pedal

Audi Aicon Concept, Mobil Tanpa Setir dan Pedal
Audi Aicon Concept, Mobil Tanpa Setir dan Pedal

FRANKFURT – Audi menampilkan mobil konsep Audi Aicon. Mobil konsep ini hadir tanpa lingkar kemudi dan tanpa pedal.

Kehadiran mobil tersebut menandakan keseriusan Audi terhadap pengembangan kendaraan otonom (mobil bergerak sendiri). Dengan tidak adanya kemudi dan pedal, maka pemilik kendaraan menyerahkan sepenuhnya kontrol pada mobil itu sendiri. Sayang, Audi tidak menjelaskan cara kerja dari mobil masa depan itu.

Audi memperkirakan di masa depan, kemacetan akan berkurang dan kendaraan dapat melaju setabil 100 kpj. Dengan tidak adanya lingkar kemudi dan pedal yang harus dikendalikan, maka kenyamanan dalam berkendara dijamin lebih nyaman. Penumpang hanya tinggal duduk manis dan tiba di tujuan.

Kecelakaan pun juga akan menjadi sesuatu yang sangat jarang terjadi. Audi yakin di masa depan sistem sensor dan jaringan kendaraan sangat maju sehingga kecelakaan bisa sangat diminimalisir. Oleh karena itu fitur-fitur keselamatan konvensional sudah tidak dibutuhkan lagi.

Audi menyematkan dua motor listrik di kedua roda depan dan dua motor listrik di kedua roda belakang. Keempat motor tesebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 260 kW dan torsi mencapai 550 Nm.

Sementara baterai lithium-ion berkapasitas tinggi disematkan di bawah lantai. Jarak yang bisa ditempuh mobil ini diperkirakan mampu mencapai 698 km – 799 km untuk satu kali pengisian daya.

Tak hanya tanpa lingkar kemudi dan pedal, mobil ini juga sudah tidak dilengkapi dengan lampu depan konvensional. Hal ini karena Audi menganggap di masa depan lampu sudah tidak dibutukan karena mobil sudah dilengkapi dengan beragam sensor. Sensor nantinya mampu untuk beraksi terhadap segala sesuatu yang ada di jalan baik itu kendaraan lain maupun pengguna jalan.

Meski demikian, Audi melengkapi mobil ini dengan lampu proyektor untuk menerangi jalan ketika diperlukan. Menariknya lagi, mobil ini telah dilengkapi drone untuk memberikan sinar penerangan pada penumpang bila Ia keluar mobil dan lingkungan di sekitar tidak ada cahaya.

Audi Aucon hadir dengan dimensi panjang mencapai 5.444mm, lebar 2.100mm dan tinggi 1.506mm serta wheelbase 3.470mm. Tampilannya dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat lebih sporty dan modern. Permukaan kaca di bagian depan dan belakang serta samping dibuat cembung sehingga membuat kesan interior lebih lega. Tampilannya semakin menarik dengan disematkannya roda berukuran 26″.

Hadir dengan konsep pintu suicide, membuat mobil ini tidak memiliki pilar B, dengan demikian akses pengguna kendaraan menjadi lebih mudah untuk keluar masuk. Sementara di interior, Audi telah menyematkan beragam dekorasi yang membuat kabin menarik dan fungsional. [Adi/Ikh]