Toyota Camry 2019 Layak Jadi Pilihan dengan Fakta Berikut Ini

JAKARTA – Toyota Camry 2019 hadir dengan sederet perubahan yang membuatnya layak menjadi pilihan, berikut fakta-fakta keunggulannya.

Awal 2019 ini, All-new Toyota Camry menjadi produk pertama yang dilansir PT Toyota Astra Motor (TAM) ke pasar Tanah Air. Peruntukkannya jelas buat konsumen yang ingin mendapatkan sebuah sedan mewah. Hal tersebut sudah dituangkannya melalui platform baru yaitu Toyota New Global Architecture (TNGA).

Seperti juga sudah disebutkan pula sebelumnya, Toyota Camry 2019 juga lebih panjang dan lebar dari generasi terakhir Camry. Dan dengan Wheelbase 2.825 mm, model anyar tersebut 50 mm lebih panjang serta berdampak pada kelegaan kabin berikut ergonomi jok belakang karena bisa di-reclaining.

Toyota Camry 2019 Indonesia

Dengan platform baru ini Toyota juga tampak leluasa memberi sentuhan baru di Camry generasi ke-8. Termasuk penggarapan ulang kabin depan. Selain lega untuk pengemudi dan penumpang di depan, visibilitas pun turut diperluas oleh pihak pabrikan. Kenyamanan tersebut kemudian ditunjang lagi oleh peningkatan kesenyapan kabin yang diklaim meningkat 14 persen dari Camry terdahulu.

Jadi pemilik all-new Camry dapat leluasa menikmati perangkat hiburan pada mobilnya dari layar touchscreen AVX 9 inci dengan kelengkapan DVD/Radio/USB/AUX/HDMI/Bluetooth/miracast/Internet dan 6 speakers (JBL). Pada area kokpit juga tersedia Multi Information Display (MID) 4,2 inci yang menyajikan driving information, eco indicator, vehicle features, security system hingga tekanan angin ban (tire pressure).

Semua ini diberikan pada Camry 2019 tipe V dan G. Bahkan, untuk tipe V dan Hybrid mendapatkan perangkat tambahan berupa wireless charger untuk smartphone dan moon roof.

Toyota Camry 2019 Interior

Tak kalah penting lagi yakni mengenai impresi berkendaranya. Meski Otospirit.com belum berkesempatan menjajalnya, tapi all-new Camry menjanjikan pengendalian lebih baik. Itu lantaran mobil ini sekarang punya ground clearence lebih rendah disertai perubahan low center gravity di mana membuat bagian atap turun 25 mm dan kap depan 40 mm. Dengan begitu, mereka mengklaim aerodinamikanya lebih baik. Ditunjang lagi dengan penggunaan suspensi depan MacPherson Strut dan Double Wishbone pada bagian belakang.

Nilai tambah pun dapat dirasakan masyarakat yang tertarik membeli Toyota Camry Hybrid 2019. Perangkat hybrid keempat Toyota yang tersaji pada tipe ini nyatanya mendongkrak tenaga Camry sebanyak 12,7% (dibandingkan Camry Hybrid lama). Pihak PT TAM mengatakan baterai Camry Hybrid juga punya usia pakai lebih lama. Mereka turut merevisi penempatan baterai yang sebelumnya ada di area bagasi dan kini berpindah ke bawah jok belakang.

Baterai Toyota Camry Hybrid 2019

Tak hanya membuat akomodasi barang di bagasi jadi lebih banyak, tapi, posisi baterai seperti ini pun memengaruhi stabilitas Camry Hybrid ketika dikendarai. Apalagi mesin A25A-FXS dengan kapasitas 2.487 cc punya tenaga sebesar 175 hp pada 5.700 rpm dan torsi maksimum 215 Nm pada 3.600-5.200 rpm. Untuk motor listriknya, varian Hybrid menggunakan electric motor dengan tenaga 202 Nm. Namun, tak perlu khawatir karena mesin ini disebut-sebut sebagai salah satu mesin paling efisien di dunia.

Untuk merasakan semua keunggulannya, konsumen harus mengeluarkan uang Rp 613,35 juta untuk tipe G 2.5 L, tipe V 2.5 L Rp 646,65 juta dan tipe Hybrid Rp 806,6 juta (on-the-road DKI Jakarta). Pembeli juga bakal mendapatkan perangkat keamanan berupa Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert dan Brake Hold Function untuk melengkapi fitur yang sudah ada sebelumnya yakni 7 airbags, ABS, EBD, BA, VSC serta HSA. [Ary/Ari]