Suzuki Swift Sport Debut Dunia di Frankfurt Motor Show 2017 Share this
Mobil Baru
Mode baca

Suzuki Swift Sport Debut Dunia di Frankfurt Motor Show 2017

Adi Hidayat
pada 13 September 2017

Foto: Suzuki Swift Sport

FRANKFURT – Suzuki menghadirkan new Suzuki Swift Sport untuk mendebut di Frankfurt Motor Show 2017.

Hatchback andalan Suzuki ini kini dilengkapi dengan platform baru yang membuatnya lebih ringan dari sebelumnya. Tercatat, bobot yang hilang mencapai 80 kg dari sebelumnya. Ini artinya, Suzuki Swift Sport hanya memiliki bobot sekitar 970 kg.

Pengurangan bobot tersebut tidak lepas dari peran penggunaan platform baru Suzuki yang digunakan oleh Suzuki Swift Sport ini. Meski ringan, namun Suzuki mengklaim bahwa platform barunya ini justru lebih kuat dan lebih aman dibanding sebelumnya.

Untuk mesinnya, Suzuki menggunakan mesin berkapasitas BoosterJet berkapasitas 1.400cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 138 hp dan torsi mencapai 230 Nm. Mesin ini telah dikawinkan dengan transmisi manual enam percepatan. Namun, Suzuki telah melakukan pengembangan agar penggantian gear bisa lebih halus.

Suspensi depan kini menggunakan peredam Monroe, bersama dengaanti-roll bars yang lebih tebal sementara wheel hub dan wheel bearing kini telah digabungkan menjadi satu unit untuk menambah kekakuan kendaraan. Suspensi belakang pun telah dirancang khusus untuk Swift Sport untuk membuatnya lebih rigid dibanding sebelumnya.

Guna menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang, Suzuki Swift Sport juga sudah hadir dengan beragam fitur keselamatan termasuk Advanced Forward Detection, Dual Sensor Brake Support, Lane Departure Warning, Adaptive Cruise Control dan lain sebagainya.

“Suzuki Swift Sports kini lebih ringan, lebih tajam dan lebih kencang. Mobil ini lebih agresif fan emosional namun tetap nyaman untuk digunakan sehari-hari,” ungkap Masao Kobori, Chief Engineer of the Suzuki Swift Sport.

Meski sudah menggunakan platform baru dan menambah beberapa aksesoris, namun secara umum Suzuki masih mempertahankan konsep desain Suzuki Swift Sport selama ini. Desainnya masih membulat dibeberapa bagian namun tetap terkesan sporty.

Untuk meningkatkan tampilannya, Suzuki Swift Sport hadir dengan  grille berdesain sarang lebah dan penggunaan emboss serat karbon di front-lip spoiler, side skirts dan rear diffuser. Agar lebih menarik Suzuki juga telah memasangkan roda berukuran 17 inch.

Sementara untuk interiornya, Suzuki menghias kabin dengan beberapa aksen merah di beberapa bagian. Suzuki juga sudah menyediakan sepasang jok semi bucket, setir kemudi berbentuk huruf D dan penggunaan krom sebagai pelapis kenop pintu dan pedal. Untuk sistem hiburan, Suzuki mengandalkan layar berukuran 7 inch yang telah dilengkapi dengan 3D Navigation dan Bluetooth. [Adi/Ikh]


Komentar