Suzuki Swift Hybrid Meluncur di Jepang

Suzuki Swift hybrid 2018
Suzuki Swift terbaru telah dilengkapi dengan teknologi hybrid

TOKYO – Suzuki Motor Corporation meluncurkan Suzuki Swift hybrid.

Suzuki menyediakan Swift Hybrid SG dan Swift Hybrid SL yang telah menggabungkan Motor Generator Unit (MGU) dan Auto Gear Shift (AGS). MGU adalah motor penggerak berukuran compact yang menawarkan energy dalam jumlah besar. Sementara AGS adalah transmisi yang memudahkan pengemudi dalam mengemudikan kendaraan.

Tak hanya itu, sistem hybrid-nya juga mampu secara otomatis mematikan mesin dan mengubah menjadi mode EV ketika mobil mobil berjalan dalam kecepatan konstran.

Sistem hybrid dari Suzuki ini menawarkan dua mode berkendara. Pengemudi pun bebas untuk memilih antara mode mengemudi dengan kecepatan tinggi dan mode mengemudi dengan efisiensi bahan bakar maksimal dengan meningkatkan frekuensi mengemudi EV.

Suzuki mengklaim bahwa Swift 2018 mampu menempuh jarak hingga 32 km dengan satu liter bensin. Bobotnya pun terbilang ringan yaitu hanya sekitar 1.000 kg sehingga memenuhi syarat untuk mendapat potongan pajak khusus eco-car di Jepang.

Khusus untuk Swift Hybrid SL telah dilengkapi dengan beberapa tambahan fitur, di antaranya adalah paddle shift yang memungkinkan pengemudi dapat menikmati akselerasi cepat dan sporty.

Ditambah lagi beberapa fitur keselamatan canggih telah disematkan. Sebut saja Dual Sensor Brake Support (DSBS) yang dilengkapi dengan monocular camera dan laser sensor untuk mendeteksi pejalan kaki dan kendaraan di depan. Fitur ini mampu mengurangi resko tumbukan sebelum terjadi kecelakaan.

Tak hanya itu, Swift Hybrid SL juga telah dipadukan dengan SRS curtain airbags dan front seat SRS side airbags. Fitur-fitur keselamatan ini diyakini mampu meningkatkan tingkat keselamatan pengendara dan penumpang depan.

Suzuki Indonesia sendiri sebenarnya sudah tidak asing dengan teknolgi hybrid karena mereka telah meluncurkan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid beberapa waktu lalu, bahkan sudah dipasarkan di dalam negeri.

Ertiga Diesel Hybrid dilengkapi mesin diesel common rail berkapasitas 1.3 liter dengan tenaga 88 Hp pada 4.000 rpm dan torsi maksimal 200 Nm yang hadir di 1.750 rpm. [Adi/Ikh]

Comments