Mengencani Honda Civic Hatchback Turbo di Jakarta Share this
Review Mobil
Mode baca

Mengencani Honda Civic Hatchback Turbo di Jakarta

Adi Hidayat
pada 14 June 2017

JAKARTA – Honda Civic Hatchback Turbo diserahkan ke jurnalis untuk diuji coba pada Senin (13/6/2017) mulai sore hingga malam. Pengujian ini dilakukan di kawasan Senayan, Jakarta dalam kondisi jalanan sangat padat.

Berikut pengalaman singkat kami bersama Honda Civic Hatchback Turbo.

Sebelum masuk ke pembahasan perfoma, tidak ada salahnya untuk me-refresh sedikit tentang Civic Hatchback Turbo. Mobil ini hadir di Indonesia dengan tipe yaitu E dan S. Untuk tipe E dijual dengan harga Rp 438 juta dan tipe S dijual dengan harga Rp 399 juta.

Konsep design Civic Hatchback Turbo adalah ‘Extremely Sport Design with Innovative Silhouette’. Konsep tersebut membuat tampilan hatchback ini menjadi lebih sporty baik tampilan depan maupun belakang.

Menantang-Kemacetan-Jakarta-dengan-Honda-Civic-Hatchback-Turbo-4

Meski sepintas sama dengan versi sedan, namun ada beberapa hal yang menjadikan mobil ini terlihat berbeda. Yang paling terasa adalah Civic Hatchback Turbo tidak menggunakan garnish chrome pada bumper depan melainkan garnish berwarna hitam. Sementara untuk bagian buritan, Honda menyematkan rear spoiler cukup besar sehingga menjadikan mobil terasa lebih agresif.

Masuk ke interior, Civic hatchback menggunakan konsep ‘Daring ACE Design’. Konsep ini menjadikan pengendara lebih nyaman berkendara karena desainnya yang ergonomis namun tetap memiliki tampilan sporty.

Menantang-Kemacetan-Jakarta-dengan-Honda-Civic-Hatchback-Turbo-3

Untuk mesinnya sendiri, Civic hatchback menggunakan mesin 1.5-liter VTEC Turbo dengan Earth Dreams Technology. Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 170 hp dan torsi mencapai 219 Nm perfoma tersebut disalurkan melalui transmisi CVT 7-speed. Susunan gear bisa pengemudi rasakan melalui fitur paddle shit tersimpan di balik kemudi.

Kesan pertama saat pertama saat berada di dalam adalah suasana kabin yang cukup lapang atau sama seperti suasana Civic sedan.

Jarak pandang ke depan cukup baik meski pilar A terasa sedikit menghalangi pandangan namun masih dalam batas toleransi. Sementara jarak pandang ke belakang justru sedikit terganggu karena terhalang dengan spoiler belakang dan headrest pengumpang belakang.

Menantang-Kemacetan-Jakarta-dengan-Honda-Civic-Hatchback-Turbo-2

Namun untuk urusan posisi mengemudi, Civic Hatchback kami akui memiliki keunggulan tersendiri. Civic Hatchback Turbo telah dilengkapi dengan fitur Tilt & Telescopic pada roda kemudi, serta sistem 8-way Driver Power Seat Adjuster untuk varian E. Dengan fitur ini maka pengemudi lebih bebas dalam menentukan posisi mengemudi terbaik.

Sekarang tinggal mencoba perfoma mobil ini. Cukup dengan menekan tombol start, maka mesin mobil langsung menyala halus. Yang OS sukai adalah peredaman yang membuat suara dari luar terbilang cukup minim sehingga kenyamanan dalam kabin semakin meningkat.

Tombol rem tangan ditekan dan pedal gas perlahan dipijak dan mobil pun mulai berjalan lembut ke depan. Perjalanan yang kami lakukan memang hanya seputaran Senayan setelah adzan Isya. Memang bukan waktu yang tepat untuk memaksimalkan performanya. Praktis kami hanya sedikit merasakan keunggulan lainnya.

Menantang-Kemacetan-Jakarta-dengan-Honda-Civic-Hatchback-Turbo-5

Salah satunya adalah kami bisa mencoba fitur brake hold dengan lebih maksimal. Fitur ini cukup membantu dalam berkendara di tengah kemacetan. Dengan fitur ini, maka mobil tidak maju ketika rem dilepas. Berbeda dengan rem tangan, dengan brake hold ini pengemudi tidak perlu mematikan brake hold ketika maju namun cukup menekan pedal gas saja.

Jalanan memang padat namun sesekali kami menemukan jalanan yang sedikit lengang dan mencoba untuk langsung menekan pedal gas dalam-dalam. Mesin memang menjawabnya dengan akselerasi cepat, namun sekali lagi tidak maksimal karena kondisi jalan tidak memungkinkan untuk memacu kecepatan mobil.

Alhasil pengujian sektor mesinnya kami simpulkan belum maksimal. Ulasan performa mesin secara keseluruhan mungkin bisa kami ungkap lebih mendalam pada edisi berikutnya. Tetapi setidaknya, mobil ini bisa menjawab kebutuhan pecinta hatchback Honda beberapa tahun silam. This is Honda Civic Hatchback Turbo. [Adi/Ikh]


Komentar