Mengenal Kecanggihan Transmisi AGS Suzuki Ignis Share this

Mengenal Kecanggihan Transmisi AGS Suzuki Ignis

Denny Basudewa
pada 14 September 2017

Foto: Suzuki Ignis diuji coba di medan berbatu (Foto: Amos Arya)

JAKARTA – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali mengenalkan sistem transmisi barunya pada Ignis yang tengah menjadi primadona di Indonesia.

Transmisi Auto Gear Shift (AGS) pertama kali dikembangkan oleh Suzuki Motor Corporation (SMC) di India. Sistem ini mengkombinasikan transmisi manual dengan otomatis dari satu gearbox, maka dari itu PT SIS mengkomunikasikan teknologi ini dengan slogan “Bisa Matic, Bisa Manual”.

Teknologi transmisi AGS pertama kali digunakan pada Karimun Wagon R. Sementara sistem penggerak kendaraan ini dikenalkan pada Februari 2014.

Perangkat penggerak kendaraan tersebut dioperasikan dengan hidrolik elektris actuator secara otomatis dalam setiap perpindahan gigi. Tentunya membuat pengendara lebih mudah dalam mengendalikan Suzuki Ignis.

Perangkat hidrolik ini disematkan di atas gearbox transmisi kendaraan. Sistem AGS sendiri didesain untuk melakukan perpindahan gigi secara halus sehingga menambah kenyamanan dalam berkendara.

Keunggulan dari sistem transmisi AGS sendiri adalah efisiensi penggunaan bahan bakar dan nyaman. Hal ini berkat perpindahan gigi yang optimal pada mesin yang diatur oleh komputer pada mode transmisi otomatis dan pengguna bisa beralih ke mode manual jika ingin memanfaatkan rentang RPM untuk bermainn dalam ranah akselerasi.

Transmisi AGS Suzuki Ignis Transmisi AGS Suzuki Ignis

Berkendara dengan Suzuki Ignis tipe AGS menjadi lebih mudah karena pengemudi tidak perlu repot-repot memindahkan gigi ketika transmition berada pada mode automatic. Dan dalam waktu yang bersamaan pengendara juga bisa mengubah ke mode transmisi manual untuk mendapatkan perubahan sensasi berkendara.

Adapun berkendara di sejumlah kota besar di Indonesia, dengan menggunakan mobil bertransmisi otomatis sudah menjadi kebutuhan, tetapi disatu waktu kita juga membutuhkan akselerasi yang bisa pengguna kontrol sendiri seperti mobil transmisi manual.

Kedua kebutuhan ini bisa didapatkan dalam satu kendaraan dengan teknologi AGS (Auto Gear Shift). Sejak dikenalkan pada April 2017, Suzuki Ignis sendiri mendapat respon luar biasa dari konsumen. Bentuknya yang unik dan fitur-fiturnya nan komplit membuat produk baru SIS ini digandrungi masyarakat.

Suzuki Ignis dengan transmisi AGS ditawarkan dengan harga Rp 169 juta. [ADV]


Komentar