Lorenzo Jajal Mobil Balap Listrik Acura e-Racer

Lorenzo Acura e-Racer 2018

MARTORELL – Jorge Lorenzo coba memacu mobil listrik berspesifikasi balap, Cupra e-Racer untuk mengisi kegiatan sembari menjalani pemulihan cederanya.

Setelah datang ke Malaysia tanpa balapan, Lorenzo langsung bertolak menuju Spanyol. Tentunya bukan untuk melakoni MotoGP Spanyol karena balap pamungkas itu baru akan berlangsung dua pekan lagi (18 November 2018).

Ia tiba lebih dulu karena diberi mandat untuk menguji mobil balap Cupra TCR. Apalagi, ini adalah kali pertamanya Lorenzo mencoba Cupra setelah 3 bulan silam ditunjuk sebagai ambassador.

Kali itu, Pembalap Ducati Corse ini mengutarakan perasaannya saat memacu mobil tersebut di trek Castelloni di bilangan Martorell, Catalunya, Spanyol. Lorenzo langsung melahap 3 putaran penuh pada kesempatan tersebut.

“Ini adalah mobil yang unik. Saya ingat bahwa Acura TCR sangat tangguh dan mudah dikendalikan pada tikungan, meski pada kecepatan tinggi,” kata Lorenzo.

Lorenzo Acura e-Racer 2018

Tidak sendirian, pada kesempatan ini Lorenzo juga didampingi rekan setimnya di Ducati Corse, Andrea Dovizioso yang juga berperan sebagai ambassador Acura.

Ketika Dovi bertanya kepada Lorenzo soal perbedaan dengan mobil bensin, Lorenzo terkejut dengan tenaga yang dikeluarkan. Apalagi fitur-fitur pendukungnya bekerja optimal.

“Perasaannya berbeda dan akselerasinya membuat saya terkejut. Acura sangat kuat dan saya belum pernah merasakannya di mobil-mobil kompetisi. Bunyi yang dihasilkan juga berbeda dan mengingatkan saya pada suara nyamuk,” tutur Lorenzo.

Masih bersama Dovi, Lorenzo menerangkan bobot mobil listrik ini juga harus dipertimbangkan. Nilai utama lainnya adalah kinerja sistem pengereman dan jelas menyajikan stabilitas terbaik bagi pengendaranya. Justru tantangan terbesar adalah membuat baterai berukuran ringan.

“Saya yakin berat baterai akan ringan dalam beberapa tahun ke depan. Tapi, saya tidak mau menunggunya lagi karena saya ingin mengendarai Cupra e-Racer sekarang juga,” sahut Dovi menyudahi pembicaraannya dengan Lorenzo.

Sebelum itu, Lorenzo mengatakan mobil-mobil listrik akan punya arena dan persaingannya sendiri di masa depan. Tapi, saat mobil ini menjadi populer, di situ lah Lorenzo atau Dovi hanya akan duduk menonton dari layar kaca. [Ary/Ari]