Hypercar Lansiran Mercedes-AMG akan Muncul di 2018 Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Hypercar Lansiran Mercedes-AMG akan Muncul di 2018

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 29 September 2016

Foto: Mercedes-AMG Vision Gran Turismo concept (ilustrasi)

PARIS - Mercedes-Benz akhirnya mengkonfirmasi sedang mengembangkan new mid-engined hypercar. Mobil setara Ferrari LaFerrari, McLaren P1 dan Porsche 918 Spyder itu rencananya akan debut dunia pada 2018.

Kepastian akan datangnya hypercar Mercedes-AMG dikatakan langsung oleh Thomas Weber, kepala riset dan pengembangan Mercedes-Benz di malam pembukaan Paris Motor Show 2016.

"Saya sangat bangga sebuah produk baru akan datang dan sesuai dengan rencana. Kami akan membuat mobil hybrid yang menampilkan teknologi Formula 1. Di bawah arahan AMG, kami berusaha menciptakan yang paling efisien dan pada waktu bersamaan menampilkan mesin berperforma, spektakuler, beberapa orang menyebutnya adalah hypercar," kata Weber.

Hypercar Mercedes-AMG dijanjikan akan menopang powertrain mobil Formula 1. Rumornya mengandalkan mesin 1.6-liter dengan semburan tenaga 1.000 – 1.500 hp dan tersimpan teknologi Kinetic Energy Recovery System (KERS).

Seperti hypercar lain, Mercedes-Benz juga membenamkan teknologi hybrid (menggabungkan mesin bakar dan motor listrik) seperti para pesaingnya. Yang jadi masalah mobil ini adalah sistem transmisi. Sebab hingga saat ini, Mercedes-AMG belum menemukan racikan terbaik untuk bagian itu.

Jika mobil benar terwujud, bagi Mercedes-Benz ini adalah pertama kali telah terjadi transfer teknologi dari mobil balap ke mobil harian. Banyak menduga jika mobil ini akan menggunakan body berbahan serat karbon, dua kursi dan banyak memanfaatkan material aluminium untuk mendapatkan bobot ideal.

Hingga saat ini belum ada gambaran bagaimana desain hypercar Mercedes-AMG. Perusahaan asal Jerman ini masih menutup rapat informasi soal itu, termasuk kemungkinan akan menggunakan desain body Mercedes-AMG Vision Gran Turismo concept. Sekedar informasi, hadirnya hypercar ini sekaligus merayakan ulang tahun ke-50 AMG pada tahun depan. [Amo/Ikh]

Sumber: Autocar


Komentar