Honda Cetak Kendaraan Pekerja Otonom

Honda-Autonomous-Work-Vehicle-2019

TORRANCE – Honda Autonomous Work Vehicle, kendaraan pekerja berteknologi otonom ini bakal mejeng di pameran CES 2019 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Sama seperti peserta lain, Honda juga bakal menyajikan sebuah inovasi dari sebuah kendaraan. Namun, sepertinya unit rancangan R&D Honda Americas ini difokuskan menjadi bala bantuan untuk berbagai kebutuhan.

Seperti terlihat pada foto-foto berikut, Honda Autonomous Work Vehicle digunakan untuk menunjang pekerjaan. Mulai dari armada angkutan alat-alat berat, pasokan obat-obatan di daerah bencana, pemadam kebarakaran hingga pembersih salju.

Kendaraan listrik ini diklaim mampu menjelajah area yang mungkin sebelumnya sulit dijangkau kendaraan 4-wheel drive. Itu lantaran dimensi Honda Autonomous Work Vehicle yang kompak dan sudah dilengkapi dengan GPS serta teknologi otonom berbasis sensor. Apalagi, pihak produsen menggunakan sasis dari ATV Honda yang terkenal tangguh.

Meski mampu blusukan lebih dalam, produk prototipe ini juga ramah digunakan di jalanan maupun jalur pejalan kaki. Dan, pemilik maupun operator dapat mengatur kerjanya dalam dua pilihan yakni Follow Me (mengikuti kemana pun pemiliknya bergerak) dan Pattern (operator menentukan titik pergerakan Honda Autonomous Work Vehicle dan kembali lagi ke titik semula). Atau pemegang kendali bisa mengkombinasikan kedua mode tersebut.

Honda menunjukkan visinya mengenai kendaraan pekerja otonom di CES 2018 lalu. Kami juga sudah mengujinya langsung untuk mengetahui kemampuan dari mesin unik ini,” kata Pete Wendt, senior planner in Advanced Product Planning, Honda R&D Americas.

Pengujiannya sendiri sudah dilakoni Honda bersama perusahaan tenaga surya di California Utara, divisi pemadam kebakaran hutan liar di Colorado dan sebuah akademi pertanian dan ilmu lingkungan yang berlokasi di California.

Sebagai contoh, Honda Autonomous Work Vehicle digunakan sebagai pendamping petugas pemadam kebakaran. Ia bertugas membawa peralatan sang petugas seperti sejumlah air, gergaji dan lain ketika mereka berusaha menjangkau medan kebakaran yang sulit untuk mengefisiensi tenaga.

“Honda masih mencari mitra tambahan untuk mengembangkan teknologi dan aksesoris yang bakal memperluas potensi dari kendaraan kerja otonom,” tutup Wendt. [Ary/Ari]