Daihatsu Sirion GT Melantai di Negeri Jiran

Perodua Myvi GT Daihatsu Sirion
Perodua Myvi generasi ketiga.

KUALA LUMPUR – Daihatsu Sirion buatan Malaysia yang dikenal dengan nama Perodua Myvi tampil dalam edisi GT di pameran Kuala Lumpur International Motor Show 2018.

Pada keikutsertaannya di ajang otomotif tersebut, brand domestik asal Negeri Jiran ini melakukan penyegaran terhadap produk andalannya yakni Perodua Myvi. Berbeda dari versi standar yang sudah meluncur, pihak pabrikan kini membuat tampilan varian bernama Myvi GT ini kian agresif.

Terlihat pada bagian depan yang kini mengusung air intake lebih besar disertai penanggalan kedua buah fog lamp. Sebagai pengganti, Perodua menanamkan sepasang lampu LED di area bumper Myvi GT. Aura balapnya juga mulai terasa dengan pengapalikasian lip spoiler berbahan carbon fiber.

Sementara pada bagian roda, Perodua Myvi GT kini punya desain velg baru berukuran 17 inchi. Ditambah lagi kaliper rem Brembo berwarna merah. Pihak pabrikan juga merevisi bumper belakang supaya bisa memuat dua pipa knalpot. Karakter Myvi GT secara keseluruhan juga diperkuat dengan aksen garis merah yang teraplikasi di bagian depan, samping hingga belakang hatchback ini.

Masuk ke bagian dalam, ubahan ringan hanya tampak pada kabin depan saja. Guna menunjang impresi berkendara berbeda, Perodua Myvi GT turut mengaplikasi setir a la balap bermaterial carbon fiber. Didukung pula pemasangan jok semi bucket untuk pengemudi dan penumpang di sampingnya. Tampilnya Myvi GT ini bisa jadi menginspirasi pihak Daihatsu Indonesia dalam menawarkan opsi lain dari Daihatsu Sirion, kemudian hari.

Perodua Myvi sendiri lahir dari hasil kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu. Di awal kelahirannya, Myvi menggunakan basis yang sama dengan Daihatsu Boon atau Toyota Passo.

Namun, sejak generasi Myvi generasi ketiga Perodua memutuskan untuk menggarapnya secara mandiri. Sedangkan peran Toyota dan Daihatsu hanya sebagai pemasok mesin. [Ary/Ari]