Cara Kerja Truk Daimler dengan Teknologi Semi Otonom Share this

Cara Kerja Truk Daimler dengan Teknologi Semi Otonom

Adi Hidayat
pada 28 September 2017

Foto: Daimler

OREGON – Daimler kembali memamerkan truk berteknologi terbarunya yaitu teknologi Platooning.

Teknologi barunya memungkinkan truk untuk mengikuti kendaraan lain di depannya dengan mengandalkan teknologi self-driving dan teknologi kendaraan terkoneksi. Platooning ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan sopir manusia tapi digunakan untuk membantu pengemudi untuk mengurangi rasa lelah.

Masing-masing truk tersebut diuji dengan menggunakan WiFi untuk melakukan komunikasi antar kendaraan dan mengaktifkan fitur seperti Adaptive Cruise Control, Lane Departure Assist dan Active Brake Assist 4.

Ketika satu truk mengikuti truk di depannya, komunikasi antar kendaraan akan dilakukan agar sistem bisa secara otomatis bereaksi untuk perubahan kondisi jalan sekitar 0,2 – 0,3 detik lebih cepat dibandingkan manusia.

Pengujian ini sudah dilakukan sebelumnya di proving ground di Madras Oregon. Hasil pengujian yang memuaskan membuat Daimler berhasil mendapat persetujuan dari Oregon Department of Transportation untuk diuji sistemnya di jalan raya.

Sayangnya meski teknologi ini sudah membuktikan ketangguhannya namun Amerika Serikat dan Erupa masih melarang fitur ini untuk digunakan oleh pengemudi. Namun Daimler menyarankan bahwa mereka akan meluncurkan fitur Platooning sesegera mungkin setelah peraturan tersebut direvisi.

Dengan teknologi ini maka diharapkan angka kecelakaan akibat pengendara kelelahan akan berkurang. [Adi/Ikh]


Komentar