BBM Berkualitas Kunci Mesin Kendaraan Sehat dan Bertenaga Share this

BBM Berkualitas Kunci Mesin Kendaraan Sehat dan Bertenaga

Denny Basudewa
pada 12 November 2018

Foto: Bahan Bakar Berkualitas

PANGKAL PINANG – Bahan Bakar Minyak (BBM) yang berkualitas tidak hanya membuat mesin kendaraan Anda sehat, namun dapat mengoptimalkan kinerjanya.

Bahan bakar berkualitas erat kaitannya dengan nilai oktan yang tinggi. Semakin tinggi nilainya, maka bisa dipastikan ruang bakar lebih bersih sehingga dapat mengurangi biaya perawatan. Pemakaian BBM sendiri menjadi efisien karena sesuai dengan yang dibutuhkan mesin.

Hal ini dibuktikan oleh Komunitas Suzuki Karimun Bangka Belitung, dalam perjalanan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi. Mereka menceritakan pengalamannya semasa turing bersama rekan-rekan di komunitas Suzuki Karimun.

“Pernah dari Pangkal Pinang ke Koba pulang-pergi pakai Pertalite, hanya berkurang satu dtrip di indikator BBM-nya. Lalu saya coba lagi pakai Pertamax malah tidak berkurang sama sekali. Ini efek bahan bakar berkualitas yang sesuai dengan spesifikasi mesin,” ucap Irwan, anggota Suzuki Karimun Club Bangka Belitung.

Adrian yang juga tergabung dalam satu komunitas Karimun menceritakan pengalaman serupa. Dirinya bisa membuktikan bahwa dengan menggunakan bahan bakar berkualitas, total biaya yang dikeluarkan cukup efisien.

“Makin sesuai bahan bakarnya, semakin mantap mesinnya dan konsumsi bahan bakarnya. Terbukti perjalanan dari Bangka ke Jambi yang berjarak 1.700 km, hanya menghabiskan sekitar Rp 800 ribu pakai Pertalite,” cerita Adrian kemudian.

Selain itu, mereka juga pernah melakukan studi terhadap penggunaan bahan bakar berkualitas yang berbeda jenisnya. Hasilnya terbukti bahwa semakin tinggi nilai oktannya maka jumlah yang digunakan lebih sedikit.

“Pernah survei iseng sama teman-teman, waktu itu kami beli Premium, Pertalite dan Pertamax Rp 100 ribu. Namun pada akhirnya dengan menempuh jarak tempuh yang sama, Pertamax lebih irit meskipun jumlah liternya lebih sedikit,” ungkap Adrian kemudian.

Untuk diketahui, Pertalite merupakan bahan bakar non-subsidi dengan nilai RON (Research Octane Number) 90. Sementara Pertamax diketahui memiliki nilai RON 92. [Dew/Ari]


Komentar