Aston Martin DBS 59 Hanya Dibuat 24 Unit

Aston Martin DBS 59

GAYDON – Aston Martin DBS 59 ini akan dibuat secara terbatas sebagai bentuk perayaan dari kesuksesan pihak pabrikan di ajang 24h Le Mans 1959.

Selalu ada alasan dalam penggarapan sebuah produk limited edition. Begitu pula yang akan dilakoni Aston Martin terhadap model DBS Superleggera ini. Prestasi yang dicetak mobil balap mereka DBR1, pada balapan 24 jam di tahun 1959 menjadi landasan penggarapan DBS 59 ini.

Kode 59 merupakan pengejawantahan dari keberhasilan mereka, di mana mobil Aston Martin DBR1 finish pertama dan kedua di balap ketahanan tersebut. Tak hanya itu, desain yang diterapkan pada Aston Martin DBS 59 juga diseragamkan dengan panampilan DBR1 kala itu, termasuk pemilihan warna yang disebut Aston Martin Racing Green.

Mobil ini juga mendapatkan perlengkapan pendukung berbahan karbon. Tentunya pula diikuti sedikit sentuhan pada bagian velg, kap mesin dan tubuh bagian belakangnya. Termasuk pula sektor interior yang juga menyajikan kemewahan dengan kombinasi warna hitam, hijau dan coklat.

Meski terdapat ubahan pada eksterior dan interior, performa Aston Martin DBS 59 sepertinya tak mengalami perubahan. Mesin V12 biturbo dengan paduan girboks ZF 8 percepatan itu tetap menghasilkan tenaga 725 hp. Namun, mobil ini hanya akan dibuat terbatas yakni sebanyak 24 unit saja. Sayang, pihak pabrikan tak merilis harga jualnya. [Ary/Ari]