All-new Suzuki Ertiga Lebih PD Lawan Mitsubishi Xpander

Suzuki Ertiga
Suzuki Ertiga

JAKARTA – Suzuki Ertiga dikabarkan akan berganti model dan diluncurkan tahun depan di Indonesia.

Dengan menyandang titel “all-new”, maka tidak heran jika mobil keluarga 7-serater itu akan berubah total dari modelnya dijual saat ini.

Suzuki Ertiga sudah mencapai usia lima tahun. MPV kebanggaan Suzuki ini dikabarkan memasuki siklus perubahan di India untuk melawan Avanza – Xenia serta Mitsubishi Xpander yang baru saja diluncurkan di Indonesia.

Suzuki Ertiga baru mencapai usia lima tahun. MPV kebanggaan Suzuki ini disebut-sebut telah memasuki siklus perubahan untuk melawan Avanza – Xenia serta Mitsubishi Xpander yang baru saja diluncurkan di Indonesia.

Berbeda dengan peluncurkan generasi pertama di mana India menjadi negara pertama yang mendapatkan Ertiga kemudian Indonesia, urutannya kini terbalik. Indonesia akan menjadi negara pertama yang mendapatkan Ertiga kemudian India baru ke beberapa negara lainnya.

Saat dikonfirmasi ke pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mereka belum mau berkomentar terhadap kabar yang mulai santer diperbincangkan.

“Belum bisa komentar. Wait and See ya (untuk meluncurkan all-new Suzuki Ertiga),” kata Harold Donnel, Head of Brand Development & Marketing Research 4W PT SIS kepada Otospirit.com.

Ia pun menambahkan bahwa saat ini penjualan Suzuki Ertiga masih terbilang bagus dan stabil. Dengan jumlah penjualan yang tinggi, maka peluncuran generasi kedua dari Ertiga bukan hal darurat dan harus segera dilaksanakan. Penjualan Suzuki Ertiga rata-rata 2.984 unit per bulan (Data Gaikindo).

Mengutip Indiaautosblog, Suzuki Ertiga akan menggunakan platform Heartect. Platform tersebut sudah digunakan Suzuki Swift generasi terbaru. Platform ini 30 kg lebih ringan dibanding platform Suzuki Ertiga saat ini. Patut diketahui bahwa Suzuki Swift terbaru memiliki bobot 120 kg lebih ringan dibanding generasi sebelumnya. Dengan demikian, maka tidak akan mengagetkan bila Suzuki Ertiga generasi selanjutnya akan lebih efisien dalam hal konsumsi bahan bakar.

Tidak ada informasi terkait mesin yang akan digunakan. Namun tidak menutup kemungkinan bila Suzuki akan mengganti mesinnya dengan mesin berkapasitas lebih besar. Mesin Suzuki Ciaz yang berkapasitas 1.5-liter bisa saja dijadikan alternatif pilihan bagi Suzuki untuk membekali generasi Suzuki Ertiga.

Selama ini, Suzuki Ertiga menggunakan mesin K14B berkapasitas 1.373 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 90 hp dan torsi mencapai 130 Nm. Sementara untuk Suzuki Ertiga Diesel Hybrid menggunakan mesin diesel common rail berkapasitas 1.3-liter dengan tenaga 88 Hp pada 4.000 rpm dan torsi maksimal 200 Nm. Mesin ini sudah dilengkapi dengan teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki). [Adi/Ikh]