Mobil Terbang Liberty Mulai Dijual, Harga Rp 7,9 Miliar Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Mobil Terbang Liberty Mulai Dijual, Harga Rp 7,9 Miliar

Adi Hidayat
pada 20 Februari 2017

AMSTERDAM – Jika Anda pernah bermimpi untuk memiliki mobil terbang, kini adalah kesempatan Anda untuk mewujudkannya.

PAL-V resmi meluncurkan mobil terbang pertama yaitu Liberty. PAL-V merupakan perusahaan asal Belanda yang berhasil menciptakan mobil terbang pertama sesuai dengan standar keselamatan penerbangan di seluruh dunia.

Langkah awal, mobil ini hanya akan dijual dengan tipe Pioneer Editions sebanyak 90 unit. Per unitnya akan dijual dengan harga $599.000 atau setara Rp 7,993 miliar. Setelah tipe tersebut hadir di pasar, PAL-V baru akan meluncurkan PAL-V Liberty Sport dengan harga $400.000 atau setara dengan Rp 5,338 miliar.

Secara teknis, Liberty lebih terlihat lebih mirip helikopter dibanding sebuah pesawat. Namun meski menggunakan baling-baling, Liberty tidak bisa lepas landas dan mendarat secara vertikal tapi harus berjalan lebih dahulu layaknya sebuah pesawat.

Meskit terlihat kurang praktis, tapi PAL-V mengklaim bahwa Liberty lebih mudah dikemudikan dibanding helikopter karena memiliki ‘Stable Mechanical System’. Pemiliknya nanti selain harus memiliki SIM biasa, mereka harus memiliki izin terbang hingga 40 jam.

Liberty memerlukan waktu sekitar lima hingga 10 menit untuk berubah dari pesawat menjadi mobil biasa. Dan Liberty pun terbilang cukup mumpuni di jalan darat karena mobil tersebut mampu mencapai kecepatan 160 km/jam.

PAL-V Liberty akan dibuat di Belanda namun diperkirakan Amerika Utara akan menjadi pasar terbesar pertama mereka. Dengan adanya mobil ini maka di masa depan diharapkan kemacetan yang merupakan penyakit umum kota besar dapat dihindari. [Adi/Ikh]


Komentar