Mobil Otonom Jaguar Land Rover Suka 'Main Mata' Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Mobil Otonom Jaguar Land Rover Suka 'Main Mata'

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 28 Agustus 2018

Foto: Jaguar Land Rover Virtual Eye Pod

COVENTRY - Jaguar Land Rover memiliki cara tersendiri untuk membuat masyarakat percaya dengan teknologi mobil otonom.

Jaguar Land Rover menghadirkan Virtual Eye Pod secara khusus untuk masyarakat di Inggris. Mobil otonom yang memiliki bentuk sangat unik ini memiliki tugas utama yakni memberikan informasi sebanyak mungkin mengenai teknologi canggih ini baik itu kepada konsumen dan pengguna jalan lainnya.

Melalui informasi yang diberikan dan ditunjukkan oleh Jaguar Land Rover Virtual Eye Pod diharapkan dapat membuat masyarakat percaya akan kemampuan mobil otonom. Berdasarkan hasil riset Jaguar Land Rover, total 63 persen pengguna jalan khususnya pejalan kaki dan pengguna sepeda khawatir dengan keselamatan diri mereka jika kendaraan otonom sudah digunakan secara massal.

Virtual Eye Pod ini tidak hanya dikembangkan oleh Jaguar Land Rover saja, melainkan juga dibantu oleh tim psikologis kognitif agar mobil ini lebih mudah berbaur dengan masyarakat. Mobil otonom ini telah beroperasi di sekitar Coventry dan telah melakukan beberapa interaksi langsung dengan para pejalan kaki.

Jaguar Land Rover Virtual Eye Pod mampu mampu berhenti secara cepat dan menunggu ketika ada pejalan kaki yang menyeberang. Hal tersebut dapat terwujud berkat adanya ‘mata’ yang telah dikembangkan oleh divisi Future Mobility Jaguar Land Rover.

Mobil konsep ini mampu ‘melihat secara langsung’ kondisi para pejalan kaki, memberi signal dan mengambil tindakan untuk mencegah kecelakaan. Para arsitek Jaguar Land Rover yakin dengan adanya ‘eye contact’ tersebut kepercayaan masyarakat dapat meningkat secara signifikan.

Jaguar Land Rover Virtual Eye Pod

“Kebiasaan untuk melihat pengemudi terlebih dahulu sebelum menyeberang merupakan second-nature di sini. Memahami bagaimana hal ini dapat diterjemahkan di masa depan dengan teknologi otonom merupakan hal sangat penting,” tutur Pete Bennett, Future Mobility Research Manager Jaguar Land Rover.

Proses uji coba ini juga merupakan langkah study Jaguar Land Rover untuk menyelidiki bagaimana mobil otonom yang tekoneksi mampu meniru tindakan dan reaksi manusia ketika mengemudi. Proyek ini juga merupakan bentuk komitmen Jaguar Land Rover dalam mendukung proyek pemerintah yakni UK Autodrive. [Amo/Ari]


Komentar