Mobil Otonom Butuh Penanganan Ekstra Share this

Mobil Otonom Butuh Penanganan Ekstra

Denny Basudewa
pada 27 Februari 2018

Foto: Mobil Hybrid Toyota

WASHINGTON DC – Mobil otonom hadir untuk memudahkan manusia dalam hal berkendara, akan tetapi mobil ini membutuhkan perawatan ekstra terutama perawatan agar sensor tetap aktif.

Seperti diketahui bahwa mobil otonom menggunakan banyak teknologi canggih di dalamnya. Kendaraan pintar ini disematkan beberapa sensor dan kamera, sehingga mampu memenuhi segala kebutuhan pengendaranya.

Mobil otonom dirancang agar bisa membaca kondisi jalan, baik itu lalu lintas yang padat, pejalan kaki, hingga membaca seluruh tanda atau marka jalan. Guna mengakomodir segala kebutuhannya sejumlah perangkat pintar tentunya sangat diandalkan.

Namun dalam prakteknya sehari-hari, mobil otonom memerlukan perawatan ekstra daripada kendaraan konvensional pada umumnya. Perangkat canggih seperti sensor dan kamera, tidak boleh terhalang agar kendaraan dapat melaju optimal.

Dalam melakukan pencucian, mobil otonom sendiri memerlukan tenaga ahli atau paling tidak dilakukan pemiliknya sendiri. Hal ini guna mencegah sensor terhalang debu, kamera tertutup cairan sabun hingga terkena binatang.

Chrysler disebut-sebut sebagai satu-satunya pabrikan yang telah memberikan pelayanan khusus, bagi pemilik mobil otonom. Pabrikan asal Amerika Serikat tersebut menyatakan, pemilik Chrysler Pasifica Hybrid selalu mendapatkan servis premium.

Pemilik mobil otonom diharuskan menggunakan kain microfiber dalam mencuci kendaraannya dan melakukannya secara manual. Untuk melakukan pembersihan pada kaca (kamera), disarankan menggunakan alkohol atau cairan pembersih khusus kaca.

Teknologi hadir memang untuk memudahkan konsumen. Namun inovasi pada umumnya memang harus dibayar lebih mahal oleh konsumen. Pilihan tentunya akan dikembalikan kepada konsumen, untuk memilih mobil otonom atau konvensional biasa. [Dew/Ari]


Komentar