Mobil Nissan Bakal 'Bawel' Tahun Depan Share this

Mobil Nissan Bakal 'Bawel' Tahun Depan

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 01 Agustus 2018

NASHVILLE - Mobil-mobil Nissan generasi terbaru nantinya akan lebih 'bawel' jika sang pemilik tidak memperhatikan keamanan kendaraannya.

Pengalaman pribadi Marlene Mendoza, insinyur Nissan lah yang akhirnya mencetuskan pihak pabrikan merilis fitur bernama Rear Door Alert (RDA) ini. Pada suatu hari, Ia tak sengaja meninggalkan seporsi lasagna di jok belakang mobil dan membuat kabin menjadi bau.

"Saya meninggalkannya semalaman dan mobil jadi bau hingga berhari-hari. Tapi saya bertanya-tanya bagaimana jika sesuatu yang lebih penting tertinggal di sana?" ujar Mendoza.

Sejak kejadian itu, Mendoza bersama rekannya yaitu Elsa Foley coba untuk menerapkannya pada kendaraan buatan Nissan. Inovasi itu pun mendapatkan restu dari Nissan, hingga proyek ini mulai dijalankan.

Marlene Mendoza, Insinyur Nissan penggagas RDA

Nantinya, RDA akan bekerja dengan sensor. Ketika, pemilik lupa menutup rapat pintu belakang maka klakson mobil akan berbunyi. Hal ini menjadikan Nissan sebagai produsen otomotif pertama yang menggunakan sistem ini. Selain itu, indikator juga akan terlihat di instrumen panel mobil sebagai pengingat tambahan.

Sementara itu, RDA akan diterapkan lebih dulu pada unit Nissan all-new Altima. Namun, konsumen baru bisa menggunakannya pada 2019 nanti. Tidak hanya satu, Nissan juga bakal menjadikan RDA sebagai fitur standar dari hampir semua produk mereka di kelas double cabin, sedan dan SUV. [Ary/Ari]


Komentar