Mobil Modern Makin Bertenaga, Efisien dan Ramah Lingkungan Share this

Mobil Modern Makin Bertenaga, Efisien dan Ramah Lingkungan

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 24 Januari 2018

Foto: Mazda lineup model year 2017

WASHINGTON - Dari tahun ke tahun, mobil-mobil baru yang diproduksi rata-rata memiliki tenaga lebih besar, efisien dan ramah lingkungan.

Environmental Protection Agency (EPA) telah melakukan riset mobil baru setiap tahunnya khususnya di pasar otomotif Amerika Serikat. Hasil riset yang diperoleh EPA menunjukkan bahwa seluruh mobil-mobil baru atau mobil model year (MY) 2017 lebih bertenaga dan efisien.

Menurut hasil riset EPA pada mobil MY 2016, rata-rata mobil baru memiliki konsumsi bahan bakar hingga 10,5 km per liter dan rata-rata tenaga mobil baru di model tersebut sebesar 230 hp. Pencapaian tersebut diklaim menjadi catatan terbaik hingga saat ini.

Pencapaian mobil-mobil baru MY 2016 ini memang tidaklah terlalu signifikan jika dibandingkan dengan mobil MY 2015. Mobil-mobil MY 2015 sendiri memiliki konsumsi bahan bakar rata-rata 10,4 km per liter dan tenaga rata-rata 229 hp.

Meski mengalami peningkatan pada efisiensi dan tenaga kendaraan, gas buang kendaraan yang dihasilkan oleh mobil-mobil MY 2016 juga membaik. Tercatat pada mobil-mobil MY 2016 memiliki gas buang CO2 dengan rata-rata 223,072 gram per kilometer atau 2 gram lebih rendah dari mobil MY 2015.

Pencapaian mobil-mobil MY 2016 tampaknya tidak membuat produsen mobil dunia untuk berhenti berinovasi. Hal tersebut tampak dari hasil riset sementara EPA yang menunjukkan adanya peningkatan di angka efesiensi, tenaga dan gas buang kendaraan.

Berikut data hasil riset EPAEPA

EPA

EPA

EPAMenariknya, meski data tersebut belum lengkap EPA menilai kurang lebih 26 persen mobil MY 2017 telah memenuhi atau melampaui target regulasi untuk mobil MY 2020. Adanya pengembangan di sistem A/C dan off-cyle kendaraan menjadi faktor penting untuk mengurangi gas emisi kendaraan. [Amo/Ari]


Komentar