Mobil Masa Depan Mahindra di Indonesia dari Kolaborasi dengan Ford Share this
Berita Mobil
Mode baca

Mobil Masa Depan Mahindra di Indonesia dari Kolaborasi dengan Ford

Insan Akbar
pada 22 Oktober 2019

JAKARTA - Mobil masa depan Mahindra untuk pasar Indonesia akan lahir dari kolaborasi Mahindra - Ford di India.

Chris Manley, Chief Operating Officer RMA Group, menjelaskan bahwa Mahindra - Ford baru saja menandatangani perjanjian pembuatan joint venture (perusahaan gabungan) di Indonesia. Kolaborasi itu sendiri terjadi dengan Ford India, bukan Ford Motor Company.

“Mereka akan mencari sinergi yang bisa dilakukan demi menggunakan fasilitas perakitan di India untuk memproduksi kendaraan. Di samping itu, keduanya juga membahas kerja sama platform untuk model-model kendaraan masa depan dan melabelinya sebagai kendaraan Ford serta Mahindra. Artinya, platform itu akan menjadi dua model yang berbeda,” ucapnya beberapa waktu lalu usai pengumuman kehadiran Mahindra di Indonesia, beberapa waktu lalu di Puncak, Bogor.

Sebagai informasi, Mahindra datang dengan langsung mendirikan 10 dealer di Jawa, Sumatera, Kalimantan atau lebih banyak dari merek lokal Esemka yang juga merupakan pemain baru. Mereka menyasar pasar kendaraan komersial terlebih dahulu dan meluncurkan double cabin Scorpio Pik Up.

RMA Group sendiri merupakan distributor resmi Mahindra di Tanah Air. Mereka juga merupakan pihak yang ditunjuk untuk menangani layanan purna jual Ford di Indonesia, setelah merek asal Amerika Serikat itu secara tiba-tiba menghentikan penjualan mereka di negara ini pada awal 2016.

Lebih lanjut, Manley menjelaskan aliansi Mahindra - Ford di ‘Negeri Hindustan’ tak hanya menyasar pasar domestik. Kedua pihak juga mengintip kesempatan untuk menciptakan model-model anyar bagi pasar negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

“Tapi itu untuk produk-produk masa depan, produk-produk yang baru rilis 2 - 3 tahun dari sekarang. Dari perspektif Mahindra, pengembangan dan penggunaan platform bersama ini akan juga menyasar Indonesia,” ujarnya menanggapi pertanyaan dari Mobil123.com.

Akan tetapi, dari perspektif Ford, Indonesia tak termasuk dalam rencana. Ini karena mereka belum berencana untuk kembali berbisnis di negara ini.

“Sampai saat ini belum ada pengumuman bahwa Ford akan menjual kembali kendaraan-kendaraan mereka di Indonesia. Jika nantinya ada (pengumuman), maka bakal ada juga model Ford produksi India yang akan ke Indonesia. Tapi hingga kini tidak ada pengumuman dari Ford,” tukas Manley lagi. [Xan/Ari]


Komentar