Mobil Listrik Firefly untuk Anak Usia 5-10 Tahun Share this
Berita Mobil
Mode baca

Mobil Listrik Firefly untuk Anak Usia 5-10 Tahun

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 08 September 2016

Foto: Mobil listrik pertama di dunia untuk anak-anak usia 5-10 tahun

LONDON - Young Driver Motor Cars Limited berhasil menciptakan mobil listrik Firefly untuk anak-anak usia 5-10 tahun.

Klaim perusahaan, mobil listrik ini didesain dan dikembangkan di Inggris untuk menjembatani anak-anak sebelum diperbolehkan mengendarai mobil pada usia 17 tahun.

Prototype mobil listrik 2-seater ini awalnya telah dikenalkan di Gadget Show Live pada April. Lebih dari 1.000 anak-anak menunjukkan ketertarikannya terhadap Firefly sehingga prototype tersebut langsung dikembangkan dan diproduksi massal.

Mobil listrik Firefly dilengkapi dengan rem, rack dan pinion steering, suspensi independen, dashboard tablet. Desain eksterior mobil listrik ini dibuat oleh Chris Johnson yang telah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dalam dunia otomotif di Land Rover, Jaguar, Ford dan Volvo.

Mobil listrik Firefly menggunakan twin electric motors yang mampu melaju dengan kecepatan maksimal 16 kpj. Mobil ini memiliki 2 mode yaitu mode Junior dan Experienced. Firefly cuma mampu mencapai kecepatan maksimal 8 kpj.

Terdapat juga remote kontrol yang dapat digunakan oleh orang tua untuk memberhentikan mobil listrik ini dengan jarak maksimal 120 meter dan berfungsi pada kedua mode tersebut.

Mobil listrik Firefly dilengkapi dengan lampu depan dan belakang LED, mampu beroperasi selama 9 jam, baterai ganda 12 volt dan opsi GRP atau serat karbon pada eksterior. Tablet pada mobil ini menampilkan speedometer, jam dan kapasitas baterai.

Jok pada Firefly dapat diatur sehingga anak-anak dengan usia 5-10 tahun dapat menginjak pedal gas dengan mudah. Firefly memiliki berbagai macam opsi warna dan aksesori tambahan untuk membuat mobil listrik ini lebih menarik. Sistem audio pun dapat ditambahkan pada mobil listrik ini.

"Kami sangat bangga dapat meluncurkan mobil listrik pertama buatan Young Driver Motor Car untuk anak-anak berusia 5 hingga 10 tahun. Proses produksi ini membutuhkan waktu lebih dari setahun dengan adanya keterlibatan dari banyak orang bertalenta dan berpengalaman di industri otomotif Inggris. Dengan adanya mobil listrik Firefly ini, anak-anak dapat belajar mengenai keselamatan mengemudi dan cara mengemudi yang baik dan benar. Kami berharap Firefly akan memberikan banyak hal positif di masa depan," tutur Kim Stanton, Managing Director of Young Driver.

Mobil listrik Firefly akan mulai dipasarkan pada 2017, dan ditaksir mencapai harga Rp 100 juta (£ 5.750). [Amo/Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
Mobil Listrik Firefly untuk Anak Usia 5-10 Tahun


Komentar