Mobil Balap Ayrton Senna Dibeli Ex-Bos F1 Seharga Rp 69 Miliar Share this
Berita Mobil
Mode baca

Mobil Balap Ayrton Senna Dibeli Ex-Bos F1 Seharga Rp 69 Miliar

Denny Basudewa
pada 14 Mei 2018

SAN MARINO – Mobil McLaren F1 yang mengantarkan Ayrton Senna memenangkan Monaco Grand Prix 1993 dibeli oleh Bernie Ecclestone.

Mantan petinggi F1 tersebut membeli unit kendaraan ini dari balai lelang Bonhams, di Monaco akhir pekan silam. Pria flamboyan tersebut memboyong jet darat sarat sejarah ini dengan harga fantastis Rp 69 miliar.

Mobil milik pembalap asal Brasil tersebut menggunakan mesin berkode MP4/8-6 buatan Cosworth V8 yang dikembangkan oleh Ford. Meskipun kendaraan tersebut berhasil mengantarkan Senna memenangkan balapan di Monaco, sayangnya sang pembalap tidak memenangkan gelar juara dunia.

Ayrton Senna sendiri hanya menempati posisi keempat di klasemen akhir F1 1993. Hingga dimiliki oleh Bernie Ecclestone, mobil ini masih menggunakan mesin dan sistem transmisi dari Ford.

McLaren McLaren-MP4

McLaren MP4/8-6 peninggalan Ayrton Senna tersebut sebelumnya berada di Woking, Inggris. Perusahaan asal Inggris ini menjual mobil sang legenda pada satu dekade silam, sebelum akhirnya dimiliki balai lelang Bonhams pernah dimiliki oleh Aaron Hsu yang merupakan kolektor mobil.

Meskipun dibeli dengan harga fantastis, namun McLaren MP4/6-8 ini bukanlah kendaraan paling mahal yang pernah dijual. Ferrari bekas Michael Schumacher pada musim 2001 menjadi mobil F1 paling mahal dengan banderol Rp 104 miliar pada November 2017 silam.

Ecclestone sendiri tidak diketahui kesibukannya saat ini. Setelah dipecat dari kepemimpinan kejuaraan F1, kabar tentang kakek yang kerap tampil nyentrik ini sangat jarang terdengar lagi di berbagai media. [Dew/Ari]


Komentar