Mobil Balap Honda Civic TCR Mejeng di GIIAS 2018 Share this
Balap Lain
Mode baca

Mobil Balap Honda Civic TCR Mejeng di GIIAS 2018

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 09 August 2018

TANGERANG - Honda Civic TCR menjadi salah satu unit yang ditampilkan PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk ikutan mejeng di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Honda Civic TCR 2018 menjadi salah satu lineup utama yang dihadirkan PT HPM. Berbeda pula dibanding versi 2016 dan 2017, unit terbaru ini punya beberapa ubahan sebagai pendukung aerodinamikanya saat dipacu di lintasan balap.

Honda Civic TCR 2018 berbasis Hatchback ini memiliki berat 1.285 kg dengan panjang 4.549 mm dan lebar 1.950 mm. Pihak Pabrikan mengaplikasi mesin 4 Cylinder Turbocharged yang dikombinasikan dengan transmisi XTRAC 6 percepatan dengan penggerak roda depan. Dengan perbekalan tersebut, Honda Civic TCR mampu menghasilkan tenaga sebesar 340 hp pada 6.200 rpm dengan torsi maksimal 420 Nm pada 3.800 rpm.

Pada bagian kaki-kaki, mobil balap ini menggunakan MacPherson pada bagian depan dan Multilink pada bagian belakang, sedangkan pada sistem pengereman, Honda Civic TCR 2018 dibekali 6 piston 380 mm pada bagaian depan dan 2 piston 280 mm pada bagian belakang.

Honda Civic TCR 2018 rancangan JAS Motorsport mengawali debut balapan globalnya pada bulan Januari lalu di 24 Hours of Dubai. Mobil ini juga diposisikan sebagai penerus Honda Civic TCR yang sudah memenangkan 12 gelar kejuaraan dunia tahun lalu. Tahun ini, Honda Civic TCR akan bertarung di FIA World Touring Car Cup dimulai di Sirkuit Moulay el Hassan di Marrakech, Maroko pada 7 - 8 April 2018 dan terdiri dari 10 seri di Afrika, Eropa, Amerika Selatan, Asia dan diakhiri di sirkuit Macau pada 17 - 18 November 2018.

Hingga saat ini, Honda Civic TCR sudah memperoleh tiga kali gelar juara pertama melalui balap pada seri kedua, ketiga dan keempat. Sepertinya, para pembesut Honda Civic TCR bakal mendulang lebih banyak lagi kemenangan.

Apalagi, tahun ini Honda bertumpu pada tim andalan mereka yaitu ALL-INKL.COM Münnich Motorsport yang dipimpin oleh Esteban Guerrieri dan Yann Ehrlacher. Sementara satu lagi adalah tim Boutsen Ginion Racing dipimpin oleh Tiago Monteiro, Tom Corronel dan Benjamin Lessenes.

"Balapan telah menjadi DNA Honda sejak lama dan tersirat dari setiap produk kami. Kini kami ingin mengajak pengunjung mengenal lebih dekat salah satu mobil balap Honda yang berkompetisi di ajang World Touring Car Cup, yaitu Honda Civic TCR," tulis Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT HPM dalam keterangan rilisnya. [Ary/Ari]


Komentar