Mobil 7-Seater Jaminan Produk Laris di Tanah Air Share this
Berita Mobil
Mode baca

Mobil 7-Seater Jaminan Produk Laris di Tanah Air

Denny Basudewa
pada 23 Maret 2017

Foto: Diskusi Forwot

JAKARTA – Mobil tujuh penumpang menjadi jaminan produk paling laris di Indonesia hingga saat ini.

Trend penjualan mobil di Tanah Air hingga saat ini masih dikuasai oleh MPV. Kendaraan roda empat jenis ini masih menguasai penjualan sebesar 46 persen. Hal ini dikarenakan, mobil tujuh penumpang menjadi idola karena mampu memuat lebih banyak penumpang sekali jalan.

“Kendaraan 7-seater menjadi syarat khusus agar bisa laku di Indonesia. Mobil ini mampu mengangkut lebih banyak penumpang sekali jalan,” ungkap Sekertaris Jendral Gaikindo, Kukuh Kumara, dalam acara Forwot yang bertajuk Peluang dan Tantangan Model MPV 2017.

Di Indonesia sendiri, segmen kendaraan tujuh penumpang memiliki persaingan paling ketat. Kendaraan jenis ini dihuni oleh LCGC, MPV dan SUV. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri khususnya dari segi harga pada LCGC.

Menurut data Gaikindo, penjualan MPV sempat mengalami penurunan sejalan dengan hadirnya LCGC Hatchback pada 2013. Namun dengan hadirnya LCGC MPV pada 2016, penjualan mobil tujuh penumpang ini kembali bergairah.

LCGC MPV dihuni oleh Daihatsu Sigra, Toyota Cayla dan Datsun GO Plus Panca. Sedangkan pada segmen MPV murni ditempati Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Toyota Avanza, dan Daihatsu Xenia. Kemudian di kelas SUV tujuh penumpang diramaikan oleh Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero, Hyundai Santa Fe dan Isuzu Mu-X. [Dew/Ikh]


Komentar