Mitsubishi Xpander AP4 Concept Siap Hantam Motorsport Nasional Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Mitsubishi Xpander AP4 Concept Siap Hantam Motorsport Nasional

Adi Hidayat
pada 28 April 2019

JAKARTA – Mitsubishi Xpander AP4 Concept menjadi bintang Mitsubishi di Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019.

Meski masih merupakan mobil konsep, Mitsubishi menegaskan bahwa mobil ini akan digunakan oleh Rifat Sungkat, brand ambassador Mitsubishi dalam ajang motorsport bertajuk AP4. Mobil ini akan terus dikembangkan dan diharapkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 sudah rampung pengerjaannya.

AP4 merupakan sebuah mobil yang dicanangkan oleh Motorsport New Zealand (MSNZ) dan Confederation of Australia Motorsport (CAMS) selaku induk olahraga otomotif di kedua negara tersebut pada tahun 2015. Awalnya AP4 diciptakan untuk menjadi alternative karena mobil reli berjenis R5, yang merupakan spesifikasi World Rally Championship (WRC) terlampau mahal.

“Dengan menggunakan konsep AP4 para pelaku industry reli dapat menekan biaya produksi berkali lipat lebih murah karena basis kendaraannya adalah mobil harian yang saat ini beredar di pasaran,” ungkap Rifat.

Beberapa faktor utama sehingga membuat AP4 lebih terjangkau adalah karena menggunakan mesin, gearbox, serta suspensi yang sama untuk seluruh bodi mobil. Dengan kata lain, bodi mobil konsep ini akan membuat seluruh mobil AP4 dapat berbagi suku cadang antar sesame tim yang saat kompetisi reli berlangsung.

Sementara itu bagi Mitsubishi, kehadiran Mitsubishi Xpander AP4 Concept bisa menjadi pembuktian bahwa mobil andalan mereka ini tidak terbatas fungsinya sebagai mobil penumpang. Para pelanggan bisa memaksimalkan mobilnya untuk beragam kebutuhan.

Mitsubishi Xpander AP4 Concept merupakan langkah untuk membuktikan bahwa Xpander memiliki nilai lebih dari sekedar mobil MPV keluarga yang berfokus pada kekuatan, ketahanan, impresi berkendara. Modifikasi yang dilakukan terhadap Xpander AP4 Concept diharapkan menjadi pemacu kalangan hobi motorsport dan modifikasi untuk melakukan personalisasi terhadap mobilnya,” tutur Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI.

Unit display Mitsubishi Xpander AP4 Concept dimodifikasi secara minimal dari model Xpander dengan kamuflase decal, aksesoris sporty, juga logo Xpander. [Adi/Ari]

 


Komentar