Mitsubishi Model A, Cikal Bakal Evolution Share this
Berita Mobil
Mode baca

Mitsubishi Model A, Cikal Bakal Evolution

Denny Basudewa
pada 29 Mei 2020

Foto: Mitsubishi Model A (Replika)

JAKARTA – Mitsubishi Model A merupakan mobil pertama produsen asal Jepang yang menjadi cikal bakal kendaraan-kendaraan yang populer hingga saat ini.

Dirancang di Kobe Shipyard, Mitsubishi Shipbuilding Company (sekarang Mitsubishi Heavy Industries), Model A prototipenya pertama kali hadir pada 1917. Model A selesai diproduksi untuk pertama kalinya pada 1918. Kendaraan ini dibuat secara manual dengan tangan menggunakan palu dan pahat. Sementara bodinya terbuat dari kayu yang dipernis dan interiornya menggunakan kain wol Inggris nan mewah.

Dengan tidak adanya acuan seperti gambar desain untuk memulai merancang mobil, mulai dari mesin bensin, bodi mobil, interior dan pengalaman lainnya, para insinyur Mitsubishi berkutat mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut.

Pada 1921, Mitsubishi Model A menjadi mobil penumpang seri produksi pertama Jepang. Mobil ini juga memberikan makna penting dalam industri otomotif di Jepang.

November 2019, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengumumkan bahwa Model A dipilih oleh Japan Automotive Hall of Fame (JAHFA). Lembaga non-profit tersebut menandai Model A sebagai model bersejarah yang membuat Mitsubishi unggul di industri otomotif Jepang.

Saat ini Model A dibuat ulang menggunakan arsip dan dokumen lampau, dipamerkan di Mitsubishi Auto Gallery di Okazaki City, Prefektur Aichi.

“Mitsubishi Model A tidak hanya penting bagi sejarah Mitsubishi Motors, namun juga industri otomotif Jepang. Mitsubishi Motors telah berkomitmen untuk memproduksi mobil dengan kualitas terbaik, memahami masal kendaraan pertama. Saat ini Mitsubishi Motors hadir dengan pilar SUV, PHEV, dan teknologi terkoneksi yang mampu menjawab kebutuhan konsumen dan tantangan zaman,” ujar Ryoichi Inaba, Director of Product Strategy Division PT MMKSI (Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia). [Dew/Idr]


Komentar