Misteri Motor Rossi dan Vinales di Thailand Share this
MotoGP
Mode baca

Misteri Motor Rossi dan Vinales di Thailand

Denny Basudewa
pada 10 Oktober 2018

Foto: Rossi sempat memimpin jalannya balapan

BURIRAM – Valentino Rossi dan Maverick Vinales secara mengejutkan kembali ke barisan terdepan pada MotoGP Thailand 2018.

Kedua pembalap Movistar tersebut seolah menemukan arwah baru dari motor yang mereka gunakan. Di samping Jorge Lorenzo yang absen akibat insiden saat melakukan sesi latihan, tim Yamaha mampu memberikan perlawanan kepada Honda dan Ducati.

Hingga akhir balapan, kedua rider Yamaha menempati posisi ketiga dan keempat. Hasil ini dianggap sebuah awal kebangkitan dari pabrikan berlambang Garpu Tala tersebut. Namun ternyata apa yang diraih Rossi dan Vinales pada MotoGP Thailand, ternyata tidak ada resep spesial.

Baik kedua pembalap maupun jajaran teknisi mengaku tidak melakukan perubahan signifikan. Apa yang mereka dapatkan akhir pekan kemarin bagaikan mukjizat. Namun hal tersebut tentunya tidak menjawab pertanyaan yang berkutat di kepala.

Sirkuit Buriram, Thailand untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah MotoGP 2018. Lintasan balap ini masih abu-abu pagi para pembalap. Artinya belum ada satupun pembalap MotoGP yang sudah menguasai sirkuit tersebut.

Dikatakan bahwa motor Yamaha YZR-M1 yang digunakan oleh Rossi dan Vinales masih sama dengan balapan sebelumnya. Sehingga hal ini masih menyisakan tanda tanya bagi semua orang, tidak hanya pihak Yamaha saja.

“Ada hal yang tidak masuk akal karena kemampuan motor telah meningkat tanpa ubahan yang kami lakukan,” ujar salah satu pihak Yamaha seperti dikutip Motorsport.com.

Salah satu kemungkinan yang membuat tim Yamaha memiliki taji di Buriram adalah ban Michelin. Ban belakang buatan Perancis ini dianggap memberikan rasa percaya diri lebih bagi para pembalap yamaha.

“Ban belakang memberikan dampak besar bagi kami. Spesifikasi ini memberikan kami lebih banyak grip ban belakang. Selain itu kesulitan kami juga berkurang,” ucap Rossi. [Dew/Ari]


Komentar