Mirza Utama Naik Podium Meski Start dari Pit Share this
Balap Lain
Mode baca

Mirza Utama Naik Podium Meski Start dari Pit

Denny Basudewa
pada 13 November 2019

Foto: Mirza Utama (paling kanan) di Podium

BOGOR – Mirza Putra Utama dari tim Asco Motorsport, finish ketiga di seri ke-6 kelas Japan Super Touring Championship 2019, karena mobilnya sempat mengalami masalah.

Toyota Yaris yang ditunggangi Mirza mengalami kerusakan di bagian elektronik, sehingga membuatnya tidak bisa mengikuti sesi latihan resmi dan sesi kualifikasi. Akibatnya, Mirza harus memulai balapan seorang diri dari pitlane.

Namun hal tersebut tidak mengurangi semangatnya untuk menjalani balapan. Ia memulai lomba dari pitlane lalu mengejar ketertinggalan. Pengguna nomor start 101 ini mampu menyingkirkan satu demi satu lawan di depannya.

"Setting mobil sebenarnya berbeda dari seri sebelumnya. Karena informasi dari om Anton, ada yang tidak beres sama ECU mobilnya. Tapi saya berhasil menyingkirkan lawan-lawan di depan," ungkap Mirza melalui siaran persnya, kemarin (12/11/2019).

Mirza memaksa kendaraannya hingga limit. Namun guna mencegah kerusakan lebih parah pada mesin mobilnya, Ia memilih bermain aman. Mirza hanya memanfaatkan kelemahan lawan untuk bisa menyalip dengan cerdik.

Mirza melintasi garis finish di tempat ketiga setelah haridarma Manoppo dan Demas Agil dari TTI (Toyota Team Indonesia). Mirza sukses menorehkan waktu tercepatnya 1 menit 52,755 detik. Secara keseluruhan, ia mengemas total waktu 17 menit 12,522 detik.

Sementara untuk Kejurnas Indonesia Touring Car Race (ITCR) Max, Mirza harus terhenti di awal balapan. Mobil yang senantiasa menemaninya di setiap balapan, mengalami kendala lain. Pembalap berusia 15 tahun ini mengatakan tidak bisa memacu kendaraannya secara maksimal.

"Tadi pas ITCR Max, mobil ada yang bermasalah dengan rem. Akhirnya saya memutuskan untuk masuk pit dan tidak bisa melanjutkan balapan," tutur Mirza usai lomba. [Dew/Idr]


Komentar