Minuman Segar Virgin Mojito "Syariah" di Siang Hari Share this

Minuman Segar Virgin Mojito "Syariah" di Siang Hari

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 14 April 2016

Foto: Minuman virgin mojito syariah di booth Honda

JAKARTA - Minuman virgin mojito asal Kuba biasa ditemui di restoran. Umumnya menggunakan alkohol sebagai bahan utama. Oleh masyarakat Ibu Kota Jakarta, virgin mojito merupakan minuman segar yang kerap disajikan saat musim panas.

Tapi bagi Ilyas Iskandar, virgin mojito bisa berubah menjadi "syariah" lantaran penggunaan alkohol diganti dengan soda. Hasilnya tak kalah segar dan minuman virgin mojito bebas dikonsumsi bersama keluarga.

Iskandar dari Giffrad Indonesia punya cara unik saat memodifikasi minuman virgin mojito. Kunci utama menghasilkan minuman virgin mojito adalah dari sirop. Menurut versi pria yang telah dua tahun menjadi barista "syariah" itu, sirop yang digunakan harus berkualitas. Contoh menggunakan sirop Giffard yang didatangkan dari Prancis.

"Sirop itu Giffard tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan. Rasa manisnya natural, hanya campuran jus markisa untuk rasa markisa, stroberi untuk penyuka rasa stroberi. Sesuai selera. Umumnya sirop itu di Indonesia untuk penikmat teh," kata Iskandar saat ditemui di booth motor Honda dalam acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016.

Selanjutnya untuk membuat Virgin Mojito "syariah" pada gelas 16 hozet diharuskan mencampur sirop sebanyak 40 ml ke dalam gelas khusus. Biasanya untuk menghasilkan rasa yang segar, Ia memasukan sepotong jeruk dan satu potongan es batu berukuran kecil. Setelah itu kocok perlahan selama 3-5 detik untuk mengekstrak rasa jeruk.

Selanjutnya tuangkan campuran jeruk dan sirop ke dalam gelas 16 hozet dan penuhi dengan es batu. Setelah tercampur, baru kemudian meletakkan daun mint yang telah digepruk ke dalam gelas sebelum menuangkan 150 ml soda.

"Daun mint yang digepruk gunanya agar aroma daun mint keluar," saran Iskandar.

Iskandar menjelaskan minuman itu sangat cocok untuk negara beriklim tropis, untuk diminum pada siang hari atau malam hari sesuai selera penikmatnya. Biasanya lokasi menjadi pertimbangan untuk menikmati virgin mojito "syariah".

OtoSpirit mencoba minuman buatan tangan Iskandar. Rasanya sangat segar dan mampu menghilangkan rasa dahaga. Tidak sulit membuat minuman tersebut, sementara bahan-bahan yang digunakan mudah didapat. [Ikh/Idr]

Lebih lanjut di Otospirit
Minuman Segar Virgin Mojito "Syariah" di Siang Hari


Komentar