Michelin Vision, Ban Mobil yang Bisa Ganti-ganti Pola Share this
Aksesoris
Mode baca

Michelin Vision, Ban Mobil yang Bisa Ganti-ganti Pola

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 20 Juni 2017

Foto: Michelin Vision, gambaran betapa mudahnya mengganti pola tread ban di masa depan. [Foto: Dok. Michelin]

CLERMONT-FERRAND - Mobil masa depan meski menggunakan bahan bakar minyak atau listrik, dikendalikan oleh manusia atau komputer tetaplah membutuhkan standar ban yang aman. Namun, ban tersebut diyakini tidak akan sama dengan ban yang telah beredar saat ini.

Hal itu coba dibayangkan oleh Michelin. Produsen ban asal Prancis ini melakukan inovasi dengan menghadirkan ban untuk kendaraan masa depan. Michelin secara resmi

mengenalkan ban konsep Vision yang tidak lagi membutuhkan angin di dalamnya.

Meski konsep ban tanpa angin sudah tidak asing lagi, namun Michelin mampu membuat ban konsep ini menjadi sangat unik dan canggih. Kecanggihan dari ban Michelin di masa

depan karena menggunakan teknologi 3D-printed yang bisa dicetak" sesuai kebutuhan pengendaraan, menyesuaikan kondisi medan yang akan dilalui.

Konsep bannya menggunakan bahan spons khusus dengan tingkat kepadatan sangat tinggi. Ban ini juga diyakini sangat ramah lingkungan karena proses pembuatannya menggunakan teknologi biosourced dan bahan yang dapat didaur ulang.

Meski secara kasat mata ban tidak terlihat canggih, namun memiliki sisi unik tersendiri yaitu mampu rekomendasi secara langsung mengenai tekstur ban untuk trek yang akan dilintasi.

Pada video singkat terlihat ban masuk ke lokasi yang tersedia layaknya pit-stop. Di sana pengendara ban bisa mengganti tekstur ban sesuai dengan kondisi medan. Teknologi 3D-printed tampak memiliki pengaruh sangat besar dalam mobilitas mobil masa depan.

Michelin mengungkapkan bahwa ban ini merupakan ”A Realistic Dream”. Seandainya benar diproduksi, bayangkan betapa mudahnya pemilik mobil mengganti-ganti pola tread ban sesuai fungsinya. [Amo/Ikh]


Komentar