Michelin Siapkan Ban Khusus di MotoGP San Marino 2017 Share this
MotoGP
Mode baca

Michelin Siapkan Ban Khusus di MotoGP San Marino 2017

Denny Basudewa
pada 06 September 2017

Foto: Ban Michelin MotoGP

MISANO – Michelin menyiapkan satu ban khusus bagi para pembalap MotoGP untuk menghadapi Sirkuit Misano.

Pada umumnya Michelin hanya menyediakan tiga macam kompon ban yakni soft, medium dan hard untuk depan dan belakang. Namun pada kesempatan khusus, pabrikan menyiapkan ban spesial guna memenuhi kebutuhan pembalap.

Di Misano, produsen ban asal Prancis tersebut menawarkan pilihan ban medium alternatif untuk bagian depan. Ban ini dikatakan dirancang khusus sesuai karakter sirkuit. Untuk diketahui, sirkuit di Italia yang memiliki panjang 4,2 km kerap dirundung cuaca yang sangat panas. Kondisi ini membuat ban lebih cepat habis.

Begitu istimewa karena ban tersebut diberi nama Misano Tyre. Si karet bundar dikembangkan untuk memberikan pengereman yang lebih stabil dan menikung dengan nyaman. Pihak Michelin mengatakan sebenarnya struktur ban sama dengan tahun lalu yang telah terbukti kualitasnya.

Sementara pilihan ban depan Michelin di Misano menggunakan bentuk asimetris. Dimana bagian kanan ban memiliki kompon lebih keras daripada sisi sebelah kiri. Sedangkan dua ban medium belakang dibuat lebih cepat menemukan suhu ideal di sirkuit.

Jika balapan diputuskan dalam kondisi hujan, Michelin menyediakan pilihan ban soft dan medium baik pada bagian depan maupun belakang. Sementara untuk ban medium hujan, produk ini menggunakan sistem asimetris.

“Misano adalah sirkuit yang sulit dan rumit. Temperatur udara yang sangat tinggi membuat motor membuang-buang waktu,” ujar Pierro Taramasso, Michelin Motorsport two-wheel Manager, seperti dikutip Crash.net.

Sirkuit Misano sendiri memiliki 10 tikungan ke kanan dan 6 tikungan ke kiri. Sirkuit ini juga kerap membuat ban belakang mudah kehilangan grip. [Dew/Ikh]


Komentar